Tips Perpanjang STNK dengan Mudah di Bandung tahun 2020

Jangan mengulangi kesalahan yang sama, masih banyak kesalahan – kesalahan lain yang harus di coba.”

Sampurasun! apakah kalian semua punya kendaraan dirumah? Pastinya punya kan. Nah, kalo punya kendaraan kalian semuanya udah tau gak sih, ketika kita punya kendaraan otomatis kita tidak begitu saja bisa memakai nya bebas seluasanya. Hidup di dunia semuanya ada aturan cuy dan kita harus mentaati nya itu. Selain itu, ada membuat dan memperpanjang, seperti STNK yang harus diperpanjang. Tenang, disini kita akan memberi tips perpanjang STNK dengan mudah. Tapi sebelum semua ini dibahas, tau gak apa itu STNK?

Apa itu STNK?

perpanjang STNK dengan mudah
sumber foto : indonesia.go.id

STNK merupakan singkatan dari Surat Tanda Nomor Kendaraan adalah satu bukti yang melekat pada suatu kendaraan. Isinya yang berupa nomor registrasi dan identifikasi si kendaraan yang bersangkutan. Bersifat sebagai pelengkap pada saat berkendara, yang pastinya bukan sebagai panjangan saja. Jadi, STNK itu sebagai penanda bahwa kendaraan tersebut legal atau secara sah yang berdasarkan identitas dan kepemilikan nya. Sah dalam hal apa? Mendapat restu dari mertua? Haha tentu bukan, Secara sah diakui dan terdaftar didalam negara ndonesia.

Identitas dalam hal – hal seperti, kepemilikan nomor polisi, nama pemilik, alamat si pemilik dan identitas kendaraan bermotor. Meliputi apa saja identitas kendaraan itu?

  • merk atau tipe nya.
  • tahun lahirnya (pembuatan).
  • tahun perakitan.
  • isi silinder.
  • Warna kendaraan.
  • Nomor rangka /NIK (Nomor Identifikasi Kendaraan).
  • Nomor mesin.
  • Nomor BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor).
  • Warna TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor).
  • Bahan bakar.
  • Lokasi.
  • Dsb.

Untuk masa berlaku, STNK memiliki waktu yang valid dalam waktu 5 tahun, apakah setelah itu buang saja? TIDAK.

STNK itu bisa diperpanjang lho, maksudnya bukan diperpanjang untuk ukuran nya yaa, jadi bisa diperpanjang lagi usia pemakaian nya secara legal. Mendengar persoalan ini, apakah pernah terlintas dibenak ketika kita mengurus STNK di Samsat? Yang sebagian orang mengeluhkan akan prosedur nya yang terhitung ribet dan biaya ganti plat yang tidak spesifik, dimaksudkan disini itu beberapa dari kita tak tahu nyatanya seperti apa. Kalo kamu memikirkan ini dan menjadi persoalan yang berat bagimu, Percaya deh semuanya itu TIDAK BENAR.

Say goodbye pada para jasa calo, karena wajib pajak yang baik dan benar itu diurus secara mandiri. Prosedur nya mudah kok dan terhitung tidak memakan biaya yang banyak seperti yang kita khawatirin sebelumnya. Buat kamu – kamu yang belum tahu mengapa kita perlu memperpanjang STNK dan mengganti plat, mari pahami dulu sejenak.

Jadi, sebelum kendaraan beroperasi pemilik kendaraan bermotor wajib mendaftarkan di Samsat. Hal ini dilakukan guna untuk mendapatkan BPKB/Buku Pemilik Kendaraan Bermotor, mendapatkan STNK/Surat Tanda Nomor Kendaraan dan TNKB/Tanda Nomor Kendaraan Bermotor. Hanya berlaku untuk 5 tahun dan pengesahan tahunan. Yang hasilnya akan membuat lembar STNK ini dibubuhi oleh cap atau stiker pada kotak yang tersedia. Jika kotak tersebut penuh, waktunya STNK dan TNKB diganti. Berbicara soal kota lain, kita memfokuskan informasi ini untuk di kota Bandung, pastinya akan ada perbedaan versi dan ketentuan.

Syarat – syarat yang harus kamu bawa

Yang kamu harus bawa ada apa aja sihh? Berikut ini adalah tips dan juga cara perpanjang STNK dengan mudah:

Untuk Tahunan

  • STNK asli dan fotokopi.
  • KTP asli sesuai STNK dan fotokopi (untuk kendaraan atas nama perorangan) Fotokopi domisili perusahaan, NPWP perusahaan, SIUP perusahaan, dan TDP perusahaan (untuk kendaraan atas nama perusahaan).
  • BPKB asli dan fotokopi (BPKB asli diperlihatkan kepada petugas).
  • Surat kuasa, jadi saat kita membolehkan pihak lain untuk masalah pengurusan. Kendaraan atas nama perusahaan, Surat kuasa diatas kop perusahaan, ttd pemberi kuasa dan stempel perusahaan diatas materai (melampirkan fotokopi KTP pemberi kuasa).

Untuk 5 Tahunan

  • STNK asli dan fotokopi.
  • BPKB asli dan fotokopi (BPKB asli dilihatkan kepada petugas).
  • KTP asli dan fotokopi KTP sesuai dengan identitas kendaraan.
  • (untuk kendaraan atas nama perorangan) Fotokopi domisili perusahaan, NPWP perusahaan, SIUP perusahaan dan TDP perusahaan (untuk kendaraan atas nama perusahaan).
  • Surat kuasa, jadi saat kita membolehkan pihak lain untuk masalah pengurusan. Kendaraan atas nama perusahaan, Surat kuasa diatas kop perusahaan, ttd pemberi kuasa Dan stempel perusahaan diatas materai (melampirkan fotokopi KTP pemberi kuasa).
  • Bawa kendaraan untuk dilakukan cek fisik.

Prosedur Perpanjangan

Untuk STNK Tahunan

  • Mengisi formulir perpanjangan STNK yang telah disediakan di loket.
  • Memasukan formulir yang sudah diiisi sebelumnya beserta persyaratan STNK tahunan ke loket pendaftaran setelah itu kita menunggu untuk dipanggil. Apabila tidak ada masalah di berkas, petugas akan memanggil kita untuk menyerahkan lembar besarnya pajak yang harus dibayar.
  • Bayar pajak kendaraan di loket pembayaran. Setelah beres mengurusi pembayaran, kita menunggu lagi untuk penerbitan STNK (pengesahan) dan SKPD baru di loket pengeluaran STNK (pengesahan) dan SKPD baru.
  • Menerima STNK (pengesahan) dan SKPD baru.

Untuk STNK 5 Tahunan

  • Melengkapi semua persyaratan nya dan tentu tidak lupa untuk membawanya.
  • Melakukan cek fisik kendaraan. Saat tiba di lokasi, jangan langsung cari tempat untuk parkir. Pergi ke loket pendaftaran cek fisik untuk mengambil nomor antrean. Cari lokasi cek fisik dan antre di sana untuk menunggu giliran. Walau banyak kendaraan yang mengantre juga, tapi biasanya ada lebih dari dua jalur antrean, sehingga prosesnya gak lebih dari 10 menit. Idealnya, tak ada pemungutan biaya sepeser pun saat cek fisik. Tapi, jikalau kamu dimintai uang dan merasa kamu terkena pungli, kamu laporkan saja, boleh kok.
  • Menerima blangko untuk cek fisik kendaraan.
  • Setelah semua persyaratan terkumpul, serahkan lah beserta blank tadi ke dalam loket.
  • Membayar pajak kendaraan di loket pembayaran. Setelah membayar, silahkan menunggu kembali hingga nanti dipanggil.
  • Menerima struk pembayaran untuk mengambil STNK baru dan juga plat nomor baru Ambil STNK nya beserta plat nomot baru di loket TNKB.

TIPS

  • Disarankan membawa pulpen sendiri, entah yang dirumah ataupun membeli sebelum melakukan perpanjangan, agar tidak mengantre lama pada saat pengisian formulir.
  • Datang lebih awal, mengapa? agar proses prosedur berjalan cepat karena belum ramainya orang.
  • Banyak mencari info sebelum datang, takutnya ada kebijakan baru yang ditambahkan.

Biaya

Untuk masalah biaya, berbeda – beda tergantung jumlah roda pada kendaraan tersebut, seperti untuk kendaraan beroda dua atau tiga akan memakan biaya sebesar RP.100.000,00 dan biaya TNKB / juga ganti plat sebesar RP.60.000,00. Untuk kendaraan beroda empat, dikenakan biaya sebesar RP.200.000,00 dan biaya TNKB / ganti plat sebesar RP.100.000,00.

Waktu

Samsat buka pada pukul 09.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB, untuk masalah waktu, proses perpanjang STNK ini dilihat dari berapa banyak orangnya juga. Biasanya sih proses nya memakan waktu sekitar 15 – 30 menit saja. Dengan catatan, akan lebih lama jika persyaratan nya kurang ataupun salah dan pada hari akhir pekan atau weekend.

Kalem – kalem gaess aya nu hilap ieu, sakedap aya info waw untuk kalian semuanyahh

Bagi kalean – kalean yang memiliki waktu yang sempit dan tidak bisa mengorbankan waktu yang lumayan lama, kini pemerintah mengeluarkan inovasi yang ditunjukan kepada orang – orang yang tidak punya banyak waktu. Hadirlah Samsat Online. Hah emangnya bisa? Bisa dong, caranya kita bisa melakukan pembayaran via transaksi ATM.

Gimana tips perpanjang STNK dengan mudah dari aku? Mudah bukan? Selamat mencoba!

STNK Kalian hilang? Kalian butuh tips untuk mengurus kehilangan STNK tersebut? Cek tipsnya DISINI.

Next Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *