Tips mengurus Kehilangan STNK yang hilang di Bandung tahun 2020

“Terpuruk itu bukan akhir dari segalanya, terkadang hadangan memanglah selalu ada. Mau menyerah begitu saja atau berusaha untuk memperbaikinya itu? Semua tergantung perspektif anda.”

STNK hilang? Harus gimana dong?!

Eh pernah gak sih ngalamin hal apes sekali dalam hidup kamu? Semua orang pasti mengalaminya itu, seperti ketika kamu baru punya kendaraan dan menjadikan dia sebagai teman hidup mu untuk kegiatan sehari – hari layaknya menghadangi hari penuh bersama nya. But, bad happens always unpredictable. Ketika kamu sedang duduk atau berkendara, jatuh ataupun lupa menyimpan sampai terhilangkan, seperti dompet. Yang mana isi dompet kalian tuh ada duit, SIM, dan STNK. Reaksi kalian pasti satu,

K A G E T.

Setengah mati, layaknya menyesali semua hidup kamu. Seolah olah hidupmu menjadi hampa seperti hembusan debu yang terberai – berai (Engga sampe gini juga kali hahahaha). Tenang, jika sudah bukan berarti itu adalah akhir kamu. Buat kamu teman – teman jika menemukan kasus seperti ini tenang aja kok semuanya ini bisa diselesaikan dengan santuy, gausah nyamperin calo untuk urusin masalah ini, kamupun bisa membereskan nya dengan gampang. Lebih enak kan, uang lebih hemat, nambah ilmu dan uang nya bisa dijajanin pula ataupun traktir teman – teman sampai kenyang. Disini kita akan membahas akan cara mengurusi STNK yang hilang agar diganti dengan yang baru. Simak berikut adalah tips mengurus kehilangan STNK di Kota Bandung.

Syarat yang harus disiapin

Sebelum kalian mengurusi kehilangan ini, tentunya ada beberapa arsip dan fotokopian yang nanti harus dibawa ketika ke Samsat. Berikut penjelasan nya

  • Siapkan surat keterangan hilang STNK di kantor polisi yang berada disekitar area kamu, gak susah kok cuman mampir ke Polres atau Polsek di dekat daerah mu dan bilang ke bapa polisinya kalo STNK milik kamu telah hilang. Gausah takut, pak Polisi cuman ingin tau kronologi hilangnya itu kapan dan dimana tempat hilangnya yang nantinya kamu dibuatin surat keterangan hilang. Hanya butuh waktu 10 menit saja, Tadaaaa surat kehilangan STNK sudah ada di genggaman tangan dia, eh kamu dan juga tidak ada biaya untuk hal ini, tetapi kalo kamu ingin memberi tips juga tidak akan masalah kok.
  • KTP no fake fake club alias asli dan fotokopi pemilik si kendaraan tersebut
  • Fotokopi dari STNK yang hilang (itupun kalo kamu punya yah)
  • Buku Pemilik Kendaraan Bermotor alias BPKB

Langkah – langkah untuk mengurus STNK yang hilang

Setelah semuanya rampung disiapkan, nah kamu tinggal mampir deh ke Samsat dan tak lupa membawa persyaratan yang kamu sudah kumpulkan sebelumnya. Nah saran kamu kumpulin itu semua dalam satu map, kenapa? Ya tujuanya biar gak acak – acakan, gak berceceran, dan juga tidak hilang (gawat kalo gitu). Berikut langkah – langkah selanjutnya untuk mengurus STNK

  • Kalo tidak punya fotokopi STNK, bawa fotokopian BPKB atau surat pengantar dari dealer tersebut, Misalnya nih STNK kita hilang dan kendaraan kita status nya masih complicated, yang dimaksudkan itu kalo kita membeli secara kredit. Kamu perlu membawa fotokopian BPKB dan surat dari dealer nya, untuk bukti bahwa kamu membeli kendaraan disitu.
  • Selanjutnya, bawa fotokopian BPKB kamu dari dealer untuk dilegalisir, ga cuman ijazah SMA yang dilegalisir fotokopian BPKB kamu juga harus untuk dilegalisir karena disini kasusnya kamu tidak punya fotokopian STNK tersebut. Bawa fotokopian BPKB ke bagian pengesahan yang ada di kantor polisi dan juga tidak lupa untuk membawa KTP.
  • Cek fisik kendaraan kamu di Samsat, Hah gimana tuh? Dibongkar? Bukan, jadi disini maksudnya pengecekan ini kendaraan kamu dilihat dan diteliti untuk menentukan karakteristik kendaraan kamu misalnya warna nya apa, nomor kendaraan nya apa, nomor mesin nya berapa dan juga nomor rangka nya. Setelah itu, akan dibuatkan surat nya oleh Samsat. Bawa kendaraan kamu dan pergi ke samsat terdekat lalu segera ke loket cek fisik buat dapetin blangkonya. Cukup ikuti aja prosedur nya di Samsat, memang lama prosesnya tetapi cek fisik ini gratis kok kamu cuman perlu bayar untuk biaya fotokopian nya saja.
  • Isi formulir pendaftaran di loket STNK, segera ke loket STNK dan minta formulir buat kamu isi dengan lengkap semua dengan persyaratan nya juga yang tertera di atas tadi.
  • Pastiin dulu, kendaraan kamu aman ga diblokir, jadi maksudnya gimana? Jadi, bawa hasil cek fisik tadi dan lakukan cek blokir buat memastikan bahwa itu kendaraan tidak sedang dalam pencarian alias curian.
  • Pembuatan STNK baru, setelah kamu berpindah – pindah loket buat ngurus cek fisik, cek blokir dan tadi isi formulir – formulir akhirnya deh kamu bisa urus pembuatan STNK baru di Loket Bea Balik Nama ll. Disini kamu harus memberikan semua berkas dan surat keterangan hilang nya tadi tentunya.
  • Apakah kamu sudah membayar PKB? Maksudnya itu pajak kendaraanya, nah jika ingin membuat STNK baru, tentunya kamu harus segera membayar nya agar proses pembuatan STNK baru lebih cepat selesainya.
  • Bayar untuk mengurus STNK yang hilang, berapa biaya nya? Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2010 mengenai PNBP adalah untuk kendaraan beroda dua sebesar RP.50.000 dan untuk kendaraan beroda empat sebesar RP.75.000.

Apa yang kamu bisa simpulkan dari kejadian diatas? Kesimpulan nya ialah sedia payung sebelum hujan, jadi jika terjadi apa – apa pastikan kalian punya persiapan dalam menghadapi situasi tersebut. Seperti menyimpan beberapa arsip yang sudah difotokopi agar disaat situasi ini, teman – teman sudah siap dan prosesnya akan lebih cepat. Siapa sih yang mau kehilangan STNK? Kamu tentunya tidak mau kejadian ini terjadi tetapi kalo untuk berjaga – jaga sebaiknya itu perlu. Tips mengurus kehilangan STNK ini dapat kalian gunakan untuk membantu kalian nantinya.

Kita harus kehilangan sesuatu agar bisa menyadari betapa berharganya hal tersebut. Dan jangan lupa juga untuk selalu cek pajak kendaraan kamu! Daripada bayar mahal disaat kamu sudah ditilang kan tidak enak, makanya kamu jangan malas untuk perpanjang STNK nya. Nah buat Teman – teman ada kabar gembira! Bukan kulit manggis yah, sekarang sudah tersedia layanan online yang tentunya ditujukan untuk mempermudah masyarakat, bisa cek STNK secara online, sesudah itu kamu juga bisa untuk memperpanjang SIM secara online jadi gak usah jauh – jauh ngantri di Samsat buat ngisi form nya.

Setelah mimin kasih tau tips mengurus kehilangan STNK diatas, mudah bukan cara mengurusnya?

Atau kalian butuh tips memperpanjang STNK? Cari tau tipsnya DISINI.

Previous Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *