Perbedaan KTP dengan E-KTP

Apa itu KTP?

Halo Soulmed! Bicara tentang perubahan, memang tak akan ada habis – habisnya persoalan ini yah. Yang mana jalannya waktu tak bisa kita hentikan. Dengan berjalannya waktu, pasti ada beberapa hal baru yang kita temui. Misalnya, kuliner yang mengalami modifikasi dari segmen rasa maupun tampilan. Perubahan yang entah hanya sekedar tampilan ataupun ada dalam segi kegunaannya, pastinya semua itu dirubah karena semua hal mengalami perkembangan. Kalian tau dan pasti punya dengan yang namanya KTP ini. Jadi KTP ini adalah identitas seseorang yang dibentuk dalam bentuk kartu. Bagi yang belum tau KTP, bisa dicek Apa itu KTP?

Ngomongin soal KTP, ada juga yang nasional dan ada juga yang elektronik. Disini KTP mengalami perubahan tiap waktu, dari segi bentuknya, tampilannya dan lain – lain. Tetapi, seiring perkembangan zaman pemerintah datang dan hadir menghampiri kita dengan memunculkan inovasi baru dengan hadirnya E-KTP. Bagi kalian disini yang beranggapan KTP Nasional dengan E-KTP itu sama saja, Kalian SALAH. Serupa tetapi tak sama, kata yang tepat jika kita ingin memberikan penjelasan dengan persoalan di pembahasan kali ini. Yang mana keduanya ini memiliki beberapa perbedaan, meskipun Namanya KTP, tetapi mereka memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Mulai dari segi fisik, tampilan dan teknologi nya. Dan disini KTP yang dimaksud adalah Kartu Tanda Penduduk bagi warga negara Indonesia, okey ga usah lama – lama lagi mari kita bahas apa perbedaan diantara keduanya.

Klasifikasi Perbedaan antara KTP Nasional dengan E-KTP

KTP lama
KTP Lama
Sumber foto : id.m.wikipedia.org

Berikut ini adalah perbedaan KTP dengan E-KTP

1) Karakteristik

Pada beberapa bagian di ktp memanglah sama, foto, isi, format pengisian nya. Tetapi ada tapi nya, bedanya E-KTP disini yaitu adanya mikrochip, fungsinya adalah sebagai media yang bisa menyimpan data lho serta datanya dapat dibaca atau ditulis dengan pembaca kartu atau card reader.

2) Teknologi

Bahan tentu sudah berbeda, jika dibandingkan dengan E-KTP, KTP Nasional hanya menggunakan bahan dari plastik. Sedangkan, E-KTP menggunakan bahan dari atau PETG yang dimana kartu akan kuat tetapi ringan serta lentur. E-KTP juga memiliki teknologi dimana data pemilik tersebut akan tersimpan didalam itu serta data – data yang sudah tersimpan akan diperlukan dalam penggunaan multi aplikasi.

3) Validalitas atau Verifikasi

Jika untuk KTP Nasional sendiri hanya punya satu tahapan yaitu pengawasan dan verifikasi pengesahan dari tingkat terendah RT atau RW dan seterusnya. Sama seperti KTP Nasional, E-KTP ini bedanya memiliki banyak tahapan setelah tahapan diatas yaitu E-KTP ini tidak bisa dipalsukan atau digandakan, satu kartu itu hanya berlaku untuk satu orang, diterima secara internasional dan tingkat kepercayaan nya terhadap keabsahan kartu itu sangat tinggi.

Setelah tadi kita mengklasifikasi perbedaan nya, kita amati lebih lanjut mengenai perbedaan nya dan secara detail memanglah ada. Apa sajakah itu?

  1. KTP Nasional masih ada tanda tangan kepala Dinas Dukcapil, sedangkan untuk E-KTP sudah tidak ada lagi tanda tangan sang pejabat nya itu.
  2. KTP Nasional ini terdapat stempel, sedangkan di E-KTP sudah tidak tercantum lagi.
  3. Kalo di KTP Nasional tidak tertera kewarganegaraan nya, sedangkan kalo di E-KTP ada keterangan kewarganegaraan nya.
  4. KTP Nasional ini tak ada hologramnya, sedangkan kalo untuk E-KTP terdapat tanda hologram yang amat jelas.
Perbedaan KTP dan E-KTP
E-KTP
Sumber foto : communication.binus.ac.id

Dan perbedaan signifikan dari keduanya, yaitu E-KTP ini benar – benar dilindungi dari segi keamanan percetakan nya, seperti teks relief nya, mikro teks, filter gambar, tinta yang tak terlihat, warna yang akan terlihat jika dibawah sinar ultra violet serta design nya anti copy. Btw, kalo dilihat dari kegunaan dan segi keamanan nya, jelas E-KTP yang lebih unggul, mengapa? Dilatar belakangi oleh kasus pembuatan KTP Nasional yang mana seseorang bisa membuat KTP lebih dari satu. DIsebabkan karena belum adanya basis data terpadu untuk menggabungkan data penduduk dari seluruh daerah negara Indonesia. Nah fakta ini nih yang membuat penduduk diberi peluang untuk melakukan kecurangan terhadap pemberlakuan duplikasi KTP nya.

Alasan hadirnya E-KTP

Selain duplikasi, beberapa hal nya digunakan untuk menyalahi aturan seperti:

  • Untuk menghindari pajak, ini gawat tapi yang lebih gawat menghindari masa lalu soalnya susah itu!
  • Mengamankan korupsi, haduh jangan coba – coba deh
  • Menyembunyikan identitas, biasanya ini dilakukan oleh para teroris.
  • Memudahkan untuk membuat paspor yang tak bisa dibuat di seluruh kota.

Kenapa pembuatan E-KTP itu sangatlah penting, karena didalam E-KTP tertera NIK kita atau yang disebut Nomor Kependudukan Induk, yang mana itu akan dijadikan dasar untuk penerbitan Paspor, bisa untuk buat Surat Izin Mengemudi atau SIM, juga Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP, Polis Asuransi, Sertifikat atas Hak tanah dan penerbitan dokumen identitas lainya yang terdapat dalam Pasal 13 UU No. 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan (Adminduk).

Sudah baca kan betapa pentingnya pembuatan E-KTP ini para soulmed-ku? Kalian gak mau kan gak dianggap sama negara tercinta kita ini? So, jangan lupa bikin E-KTP ya guys!

Kalian bingung cara pembuatan E-KTP? Cek disini ya!

Next Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *