fbpx

Cara Mudah Pembatalan Tiket Kereta Api

Sehubungan dengan penyebaran virus corona (COVID-19) di Indonesia, PT KAI mendukung program pemerintah untuk mengurangi tingkat mobilitas sekaligus menunda mudik Lebaran dengan dalam bentuk pembatalan perjalanan Kereta Api. 

Buat para Soulmed yang sudah punya tiket perjalanan kereta api, ada kabar baik dan kabar buruk untuk kalian. Kabar buruknya dulu nih. Tentu saja kalian tidak bisa menggunakan tiket itu untuk melakukan perjalanan. Karena memang seluruh jadwal perjalanan Kereta Api mulai tanggal 14 Mei sampai dengan 4 Juni ditiadakan alias batal. Jadi buat yang sudah rindu kampung halaman ditahan dulu ya. 

Nah sedangkan kabar baiknya, KAI sebagai pemilik layanan Kereta Api akan mengembalikan 100% uang kita setelah kita mengajukan pembatalan. Serius 100%? Biasanya kan cuma 75%. Yap, betul sekali. Dalam situasi dan kondisi khusus ini uang kita akan dikembalikan seluruhnya, tapi tidak termasuk biaya admin saat pembelian ya. 

Untuk pembatalannya sendiri dapat dilakukan dengan dua cara. Cara pertama yang paling mudah, praktis dan sangat disarankan dengan menggunakan aplikasi KAI Access. Sedangkan cara kedua yaitu dengan datang langsung ke stasiun. Tapi cara ini tidak disarankan mengingat kita harus melakukan physical distancing alias jaga jarak. Terus males banget dong kalau harus capek-capek antri lama. Nah, sekarang kita bahas syarat dan cara pembatalan tiketnya yuk. 

Sumber: Akun Twitter Resmi KAI

Pembatalan Tiket Kereta Secara Online

  1. Unduh aplikasi KAI Access melalui App Store atau Google Playstore di smartphonemu. 
  2. Lakukan registrasi akun KAI Access dengan memilih menu Daftar.
  3. Isi seluruh data diri secara lengkap sesuai dengan identitas yang berlaku 
  4. Lakukan verifikasi akun melalui email yang dikirimkan pihak KAI
  5. Jika Soulmed melakukan pemesanan tiket di luar aplikasi KAI Access terlebih dahulu harus menambahkan tiket dengan cara memilih menu ‘Tambahkan Tiket’.
  6. Masukkan kode pemesanan atau kode pembayaran tiket yang kamu miliki, maka secara otomatis tiket akan muncul di aplikasi KAI Access.
  7. Sebelumnya pastikan bahwa nomor identitas salah satu penumpang sesuai dengan nomor identitas yang terdaftar di akun KAI Access. 
  8. Jika sudah berhasil menambahkan tiket, kamu cukup kembali ke halaman ‘Beranda’. Kemudian lakukan pembatalan tiket kereta api dengan memilih menu pembatalan.
  9. Sedangkan jika kamu memesan tiket melalui aplikasi KAI Access, Soulmed bisa langsung pilih menu Pembatalan pada halaman Beranda (Home).
  10. Pilih jadwal perjalanan Kereta Api yang ingin Soulmed batalkan. 
  11. Periksa lagi detail keberangkatan kereta yang ingin kamu batalkan, jika sudah sesuai pilih ‘Pembatalan’.
  12. Pada halaman ‘Pembatalan’, isi data akun bank supaya pihak KAI dapat mentransfer pengembalian uang tiket kalian. Yang perlu diperhatikan, nama akun rekening bank harus sama dengan salah satu nama penumpang yang tiketnya dibatalkan. 
  13. Pada halaman ‘Konfimasi Pembatalan’ cek ulang data tiket dan data akun rekening pengembalian danamu. Pastikan tidak ada kesalahan. 
  14. Beberapa orang mengeluhkan tertera tulisan terdapat potongan dalam pengembalian dana, namun Soulmed tidak perlu khawatir karena KAI menjamin uangmu akan dikembalikan 100% sesuai harga tiket yang kamu pesan. 
  15. Jika proses pembatalan telah selesai, kalian dapat mengeceknya pada halaman riwayat. 

Kemudahan pembatalan tiket via KAI Access, mendukung kamu tetap di rumah aja. 

Sumber: Akun Twitter Resmi KAI

Pembatalan Tiket Kereta Secara Offline 

  1. Untuk dapat membatalkan tiket secara offline alias tidak melalui aplikasi KAI Access, Soulmed harus datang ke stasiun yang melayani pembatalan, salah satunya stasiun Bandung di Kebon Kawung. Tidak semua stasiun bisa ya. 
  2. Pembatalan dapat dilakukan paling lambat 1 jam sebelum jadwal keberangkatan Kereta Api. 
  3. Isi form pembatalan, lampirkan boarding pass yang sudah dicetak, bawa identitas diri asli beserta fotokopiannya 1 lembar. 
  4. Jika yang membatalkan adalah Warga Negara Asing (WNA), wajib menunjukkan paspor asli beserta fotokopiannya sesuai data yang tertera di tiket.
  5. Jika tiket yang akan dibatalkan lebih dari 1 penumpang dengan kode booking sama, fotokopi identitas diri yang dilampirkan cukup salah satu penumpang saja. 
  6. Bawa persyaratan tersebut ke Customer Service untuk verifikasi. 
  7. Selanjutnya kalian akan diarahkan ke loket untuk proses pembatalan. 
  8. Pengembalian dana dapat dilakukan secara tunai dengan mengambil di stasiun yang dipilih atau transfer ke rekening bank yang tercantum pada formulir pendaftaran. 

Pembatalan Tiket Kereta Api dengan Cara Diwakilkan 

  1. Proses pembatalan tiket perjalanan Kereta Api bisa diwakilkan dengan melampirkan surat kuasa bermaterai 6000.
  2. Bawa surat kuasa tersebut beserta identitas asli dan fotokopi masing-masing dari pemilik tiket yang akan dibatalkan dan si penerima kuasa. 

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut penumpang dapat menghubungi Contact Center KAI 121 melalui telepon di 021-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI 121.

Satu lagi inovasi dari KAI sesuai pernyataan di akun Twitter resminya. Bahwa mulai 30 April 2020, pembatalan tiket via KAI Access untuk jadwal keberangkatan tanggal 14 Mei-4 Juni 2020 akan ditransfer ke rekening Soulmed paling lambat 3 (tiga) hari kerja (di luar hari Sabtu, Minggu & libur nasional). Jadi kalian tidak perlu lagi menunggu sampai 30-45 hari kerja seperti biasanya. Nah, Mimin sarankan kalian batalin tiketnya lewat KAI Access aja. Karena prosesnya mudah dan cepat. Namun bagi yang melakukan  pembatalan sebelum ketentuan ini berlaku proses pengembalian dana tetap membutuhkan waktu 30-45 hari setelah tiket dibatalkan. Nggak apa-apa dong bersabar sebentar. Pokoknya yang paling penting kita bareng-bareng tunda mudik dulu ya. Kita tahan dulu mobilitas dari Bandung maupun menuju ke Bandung.

Jadwal perjalanan Kereta Api yang dibatalkan.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *