fbpx

Cara Membuat SKTS (Surat Keterangan Tinggal Sementara) Bandung 2020

Hai Soulmed semua, kali ini Mimin mau bahas tentang cara membuat SKTS (Surat Keterangan Tinggal Sementara). Apa sih Surat Keterangan Tinggal Sementara itu? Surat Keterangan Tinggal Sementara itu adalah surat keterangan untuk penduduk pendatang yang ingin menetap di kota atau kabupaten tertentu lebih dari 90 (sembilan puluh) hari berturut-turut hingga 1 (satu) tahun tetapi tidak berniat untuk merubah status kependudukannya. 

Sebagai ibu kota dari Jawa Barat, kota Bandung menjadi kota dengan jumlah pendatang yang cukup banyak didatangi oleh pendatang dari luar kota Bandung yang mayoritas datang untuk bekerja, datang untuk menuntut ilmu atau melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi di kota Bandung, hingga hanya berwisata hanya untuk mengunjungi sanak keluarganya. Momen dimana jumlah para pendatang meningkat di kota Bandung yaitu pada saat momen pasca lebaran, dimana jumlah orang yang datang ke Bandung lebih besar dibandingkan jumlah warga yang meninggalkan Bandung. Akibat dari kondisi tersebut, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung mencatat hampir setiap tahun jumlah penduduk Kota Bandung mengalami penambahan hingga 10 % dari jumlah pemudik. Melihat data pendatang di kota Bandung tersebut, Walikota Bandung meminta para pendatang harus memiliki keahlian dan ilmu untuk mengantisipasi kemungkinan timbulnya hal-hal negatif dengan masuknya para pendatang tersebut. 

Meningkatkan jumlah penduduk di Kota Bandung ini setiap tahunnya ini juga seiring dengan masih banyak pendatang tersebut yang belum tahu tentang adanya SKTS ini. SKTS ini penting untuk dimiliki bagi pendatang di suatu kota tertentu untuk mengurus keperluan administrasi lainnya. Tentu saja juga dengan melengkapi dokumen kependudukan lainnya E-KTP, Akte Kelahiran, dan Kartu Keluarga. 

SKTS sendiri memiliki ukuran yang mirip dengan E-KTP, yang membedakannya adalah bahan material SKTS menggunakan karton. Pada bagian belakang terdapat informasi mengenai data pemilik kartu seperti nomor SKTS, NIK, nama, jenis kelamin, tempat/tanggal lahir, status, pekerjaan, agama, alamat asal, alamat sementara, dan masa berlaku dari SKTS tersebut. Masa berlaku SKTS ini hanya berlaku 1 tahun, setelah habis masa berlakunya, SKTS tersebut dapat diperpanjang masa berlakunya. Memang tidak ada denda apabila seseorang tidak memperpanjang SKTS mereka, tetapi orang tersebut akan kesulitan mendapat pelayanan publik. 

Manfaat SKTS

Berikut ini adalah manfaat dari SKTS:

  • Bukti identitas domisili sementara bertempat tinggal di suatu kota / kabupaten
  • Salah satu syarat pengganti Surat Keterangan Pindah bila yang bersangkutan ingin menjadi penduduk suati kota/kabupaten
  • Kemudahan untuk mendapatkan pertolongan dari orang lain bila mendapatkan musibah
  • Untuk mahasiswa dari luara daerah, SKTS penting untuk mengurus beasiswa, membuat SIM, membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), membuat surat pernyataan sebagai mahasiswa baru, dan lainnya

Persyaratan Membuat SKTS

Berikut persyaratan yang dibutuhkan untuk membuat SKTS:

  • Mengisi formulir F.1.12 dari Disdukcapil Kota Bandung bisa didownload disini (https://disdukcapil.bandung.go.id/download).
  • Kartu Keluarga tempat tinggal asal
  • E- KTP pemohon
  • Surat Pengantar RT/RW untuk membuat SKTS
  • Pas Foto ukuran 3×4 sebanyak 3 lembar

Pendaftaran

Pembuatan Surat Keterangan Tinggal Sementara dilakukan dengan melakukan pendaftaran online melalui aplikasi bernama e-PunTEN (elektronik Pendaftaran Penduduk Tidak Permanen) yang tersedia di Google Play atau bisa juga melalui website http://e-punten.bandung.go.id

Sumber: Google Play

E-PunTEN adalah inovasi dalam pengurusan SKTS yang diterbitkan oleh instansi untuk yang ditunjuk untuk bertanggung jawab dan berwenang melaksanakan administrasi kependudukan. Masyarakat pendatang dihimbau untuk mendaftar pada aplikasi tersebut dengan mengunggah Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, dan Akte Kelahiran. Buat kalian yang belum punya salah satu dari dari ketiga dokumen tersebut, kalian bisa cek cara pembuatannya disini ya. 

Setelah pengguna mengunduh aplikasi E-PunTEN ini, pengguna diwajibkan untuk melakukan pendaftaran dengan memasukan informasi seperti NIK pemohon, nama lengkap, tempat lahir, tanggal lahir, jenis kelamin, agama, status perkawinan, golongan darah, alamat tinggal dan kemudian mengunggah dokumen kependudukan ditambah surat pengantar RT/RW. 

Sumber: e-punten.bandung.go.id

Selain melalui aplikasi e-PunTen, kalian dapat mendaftar melalui website resmi dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung untuk melakukan pendaftaran penduduk tidak permanen. Informasi yang diperlukan untuk proses pendaftaran tersebut juga sama seperti informasi yang diperlukan pada aplikasi e-PunTEN. 

Prosedur

Untuk tempat pembuatan Surat Keterangan Tinggal Sementara ini kalian bisa datang ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di kota domisili kalian masing-masing ya.  Untuk kalian yang berdomisili di kota Bandung, kalian bisa datang ke Dinas Kependukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) yang berlokasi di Jalan Ambon, maupun mobil Memberikan Pelayanan Keliling (Mepeling). 

Prosedur Melalui Aplikasi / Website

cara membuat SKTS
Sumber: disdukcapil.bandung.go.id

Setelah pemohon mendaftar melalui website atau aplikasi e-Punten, pemohon akan menerima notifikasi SMS. Tahap selanjutnya, pemohon datang ke Kantor Disdukcapil Kota Bandung. Berikutnya, pemohon menyerahkan berkas asli yang diupload sebelumnya dan formulir F.1.12. Setelah proses tersebut selesai, produk SKTS dapat diambil. 

Prosedur Melalui Mepeling

cara membuat SKTS
Sumber: disdukcapil.bandung.go.id

Bagi pemohon yang tidak mendaftar online melalui website ataupun aplikasi e-Punten, pemohon dapat mengurus pembuatan SKTS ini di mobil Mepeling. Jadwal mobil Mepeling dapat dilihat di Instagram dan Twitter @disdukcapilbdg. Pemohon bisa datang ke lokasi Mepeling berdasarkan jadwal dan lokasi yang sudah ditentukan dengan membawa dokumen persyaratan dan mengurus pembuatan SKTS di Mepeling tersebut. 

Demikian cara membuat SKTS dari Mimin. Kalau kalian mau tanya-tanya hal lainnya tentang pembuatan Surat Keterangan Tinggal Sementara, kalian bisa tulis pertanyaan kalian di kolom komentar ya. Jangan lupa juga kepoin sosial media Mediasi Bandung untuk informasi administrasi lainnya.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *