Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja

Banyak yang bilang zaman sekarang cari kerja makin susah. Lulusan perguruan tinggi terus bertambah setiap hari. Yang lulus tahun kemarin saja banyak yang belum bekerja, eh sudah ada lagi lulusan tahun ini. Belum lagi dengan adanya pandemi Covid-19 ini, angka PHK semakin meningkat. Namun sekarang kalian bisa sedikit lega, sambil mencari kerja justru Soulmed bisa dapat saku. Karena pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia telah meresmikan program Kartu Prakerja. Penasaran kan apa saja syarat dan cara daftar Kartu Prakerja? Sebelumnya kita wajib tahu dulu, apa sih yang dimaksud dengan program Kartu Prakerja ini. 

Apa sih yang dimaksud dengan Kartu Prakerja? 

Kartu Prakerja adalah bantuan pembiayaan peningkatan kompetensi dari pemerintah. Sebagai peserta, kamu bisa mengikuti berbagai kursus secara online maupun offline untuk meningkatkan kompetensi.Setiap peserta Kartu Prakerja berhak menerima bantuan sampai dengan Rp 7.000.000,- dan hanya bisa memperoleh bantuan ini sekali seumur hidup.

Program diprioritaskan untuk pengangguran muda. Pemerintah menegaskan  bahwa Kartu Prakerja adalah program bantuan biaya pelatihan untuk meningkatkan kompetensi kerja, bukan untuk menggaji pengangguran. Peserta yang menerima Kartu Prakerja akan diberikan pemberitahuan melalui email dan/atau SMS. Kartu Prakerja bukanlah kartu fisik, melainkan sebuah kode unik 16 angka yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran pelatihan.

Siapa saja yang bisa mendaftar Kartu Prakerja? 

Banyak yang penasaran sebetulnya Kartu Prakerja ini untuk siapa saja? Siapapun bisa mendapatkan Kartu Prakerja asalkan sudah memenuhi persyaratan berikut ini:

  • Warga Negara Indonesia
  • Berusia minimal di atas 18 tahun, tidak ada batasan usia maksimal
  • Tidak sedang sekolah/kuliah

Saat ini, gelombang pertama program Kartu Prakerja terbatas untuk 2 juta peserta. Penyelenggara menyebutkan bahwa mereka mengutamakan pengangguran muda yang ingin mendaftar program ini. Tapi, selama Soulmed memenuhi syarat, kamu tetap bisa mendaftar kok. Jadi tidak memandang apakah kamu sarjana, lulusan SMA, pengangguran, punya usaha, semua punya hak yang sama untuk daftar kartu Prakerja. 

Apa saja syarat daftar Kartu Prakerja?

Berikut adalah syarat mendaftar program Kartu Prakerja: 

  • Warga Negara Indonesia (WNI)  berusia di atas 18 tahun dan tidak sedang sekolah atau kuliah
  • Memiliki alamat email dan nomor handphone yang aktif 
  • Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) 

Bagaimana cara daftar Kartu Prakerja?

Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja
Sumber Gambar: prakerja.go.id

Setelah semua syarat pendaftaran dilengkapi, sekarang saatnya kita mulai mendaftar. Berikut tahapan mendaftar kartu Prakerja, 

  1. Buat dulu akun di situs Prakerja dengan cara akses www.prakerja.go.id dan pilih menu ‘Daftar Sekarang’.
  2. Masukkan nama lengkap, alamat email yang masih aktif, dan passwordmu. 
  3. Cek email yang masuk ke inbox dari pihak Kartu Prakerja dan lalu ikuti petunjuk untuk konfirmasi email. 
  4. Setelah email berhasil dikonfirmasi masuk lagi ke akun Prakerja menggunakan email dan password kalian.
  5. Waktunya mengisi data diri. Masukkan Nomor KTP dan tanggal lahir untuk proses verifikasi KTP. 
  6. Masukkan data diri dengan lengkap, jangan sampai ada yang terlewat. 
  7. Setelah semua data diri terisi lengkap, Soulmed akan menerima kode OTP melalui SMS. Masukkan Kode OTP yang dikirim melalui SMS ke kolom yang tersedia. 
  8. Tahap terakhir, semua pendaftar WAJIB mengikuti tes online. Kalian bisa menyiapkan alat tulis dan kertas untuk berjaga-jaga Karena kalian akan mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar selama 15 menit. Pastikan Soumed menjawab setiap pertanyaan dengan baik. Setelah selesai mengikuti tes, kamu tinggal menunggu email pemberitahuan dari pihak Kartu Prakerja.
Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja
Sumber Gambar: prakerja.go.id

Apa manfaat mengikuti program Kartu Prakerja? 

Selain mendapatkan pelatihan keterampilan untuk memasuki dunia kerja, peserta Kartu Prakerja juga mendapatkan benefit sejumlah uang. Setiap penerima Kartu Prakerja akan mendapatkan paket manfaat total senilai Rp3.550.000, yang terdiri dari:

  • Bantuan biaya pelatihan sebesar Rp1.000.000 yang dapat digunakan untuk membeli aneka pelatihan di platform digital mitra.
  • Insentif yang akan ditransfer ke rekening bank atau e-wallet LinkAja, Ovo atau GoPay milik peserta. Insentif ini terdiri dari dua bagian: Insentif pasca penuntasan pelatihan pertama sebesar Rp600.000 per bulan selama 4 bulan (Rp2.400.000).
  • Insentif pasca pengisian survei evaluasi sebesar Rp50.000 per survei untuk 3 kali survei (Rp150.000).

Peserta dapat mengambil pelatihan selanjutnya apabila sudah menuntaskan pelatihan yang pertama. Bantuan akan hangus apabila dalam waktu 30 hari sejak ditetapkan sebagai penerima, peserta belum menggunakan Kartu Prakerja untuk pelatihan pertama. Sisa bantuan biaya pelatihan setelah pelatihan pertama dapat digunakan untuk membeli modul pelatihan selanjutnya hingga 31 Desember 2020.

Apa tahapan selanjutnya setelah mendaftar program Kartu Prakerja? 

Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang pertama ini dibuka sampai Kamis 16 April 2020, pukul 16.00 WIB. Pengumuman peserta yang lolos untuk gelombang pertama akan diumumkan pada Jumat 17 April 2020. Jika belum berhasil diterima sebagai peserta pada gelombang pertama, pendaftar dapat bergabung di gelombang selanjutnya. Setiap minggunya, mulai 11 April 2020 sampai minggu ke-4 November 2020, akan dibuka kuota untuk sekitar 164 ribu peserta. Pendaftaran dapat dilakukan setiap saat, 24 jam 7 hari dalam seminggu. 

Apa saja Pelatihan yang bisa diikuti di program Kartu Prakerja? 

Ada beberapa pilihan pelatihan yang bisa diambil sesuai dengan minat peserta Kartu Prakerja 2020. Karena program Kartu Prakerja sendiri bertujuan memberikan keterampilan yang bisa digunakan untuk kebutuhan industri maupun berwirausaha. Beberapa opsi pelatihan yang bisa dipilih antara lain cara berjualan secara online, menjadi fotografer, penguasaan aplikasi komputer, kursus bahasa, keterampilan perawatan kecantikan, menjadi pelatih kebugaran, cara mendapatkan penghasilan dari media sosial, dan pilihan lainnya.

Sampai saat ini, ada delapan platform yang akan menjadi perantara antara lembaga pelatihan dan pencari kerja. Kedelapan platform tersebut adalah Tokopedia, Bukalapak, Skill Academy by Ruangguru, MauBelajarApa, HarukaEdu, PijarMahir, Sekolah.mu dan Sisnaker. Sementara untuk mitra penyaluran dana pelatihan menggunakan Link Aja, OVO, dan Bank BNI.

Itulah tadi ulasan mengenai syarat dan cara daftar Kartu Prakerja. Kalau Soulmed tertarik daftar program ini, Soulmed bisa klik link berikut. 

Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *