20 Fakta Unik tentang Paspor

Salah satu syarat bepergian ke luar negeri, selain punya uang tentunya Soulmed harus punya paspor. Fungsi dari paspor ini sebagai identitas diri yang berlaku secara Internasional. Kepemilikan paspor saat ini bukan lagi hal istimewa. Karena cara pembuatannya relatif mudah. Biayanya juga murah. Dan yang paling penting, banyak maskapai berlomba memberikan promo tiket pesawat. Tapi, apakah Soulmed tahu ada banyak fakta unik tentang paspor? Berikut tim Mediasi Bandung rangkum fakta unik tentang paspor khusus untuk kalian semua. 

1. Warna paspor

Tahukah kalian bahwa hanya ada 4 warna utama paspor di dunia? Fakta unik dari paspor yang pertama yaitu keempat warna itu adalah merah, biru, hijau, dan hitam. Setiap negara memiliki alasan tersendiri dalam memilih salah satu dari keempat warna ini untuk paspor negara mereka. 

fakta unik tentang paspor
Sumber gambar: https://www.youtube.com/watch?v=bvlM2RQeNNc
  • Merah:

Warna merah adalah warna paspor yang paling umum. Paspor dengan warna sampul merah seringkali dipilih oleh negara-negara dengan sistem komunisme, baik dimasa lampau maupun masa sekarang. Contoh negara-negara yang memilih sampul paspor berwarna merah yaitu Slovenia, China, Serbia, Rusia, Latvia, Romania, Polandia, dan Georgia. 

  • Biru:

Biru adalah warna kedua yang paling umum. Sampul biru melambangkan “dunia baru”. Contoh negara-negara yang memilih sampul paspor berwarna biru yaitu Bahamas, Barbados, Belize, Dominica,Haiti, Jamaika, Grenada, dan Guyana. 

  • Hijau:

Hijau adalah warna yang dipilih oleh negara-negara Muslim. Warna hijau dianggap sebagai warna favorit Nabi Muhammad, dan itu adalah simbol alam dan kehidupan. Contoh negara yang memilih sampul paspor berwarna hijau yaitu Moroko, Arab Saudi, Pakistan, dan Indonesia. 

  • Hitam:

Paspor paling langka adalah paspor dengan warna sampul hitam. Contoh negara-negara yang memilih sampul paspor berwarna hitam adalah negara-negara yang di Afrika seperti Botswana, Zambia, Burundi, Gabon, Angola, Chad, Congo, dan Malawi. Selandia Baru juga menggunakan sampul paspor berwarna hitam karena hitam adalah warna nasional negara tersebut. 

2. Paspor unik dari berbagai negara di dunia

Paspor yang sejatinya adalah dokumen kenegaraan yang diterima secara internasional ini, dijadikan sebagai media kreasi oleh beberapa negara berikut untuk menggambarkan hal-hal yang menarik dan identik dengan negara tersebut. Mari kita simak penjelasannya lebih lanjut.

  • Paspor Norwegia 

Norwegia terkenal dengan fenomena alam yang cukup terkenal di dunia, yaitu aurora borealis. Aurora borealis atau yang juga dikenal sebagai cahaya utara ini terbentuk dari partikel yang dipancarkan dari matahari selama suar matahari menembus perisai magnet bumi dan bertabrakan dengan atom dan molekul di atmosfer kita. Tabrakan ini menghasilkan semburan kecil cahaya yang tak terhitung jumlahnya, yang disebut foton, yang membentuk aurora. Mari kita lihat aurora borealis di dalam paspor Norwegia berikut ini. 

fakta unik tentang paspor
Sumber: traveltriangle.com
  • Paspor China

China yang terkenal dengan landmark Tembok Besar China ( Bahasa Inggris: The Great Wall of China ) ini juga tidak mau kalah untuk memasukkan landmark tersebut di dalam paspor mereka. Tembok Besar China yang pernah masuk kedalam salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia ini adalah bangunan terpanjang yang pernah diciptakan oleh manusia. Mari kita lihat Tembok Besar China di dalam paspor China berikut ini. 

fakta unik tentang paspor
Sumber: traveltriangle.com
  • Paspor Kanada

Satu lagi paspor yang unik menurut Mimin yaitu paspor dari Kanada. Paspor terbaru negara ini memiliki beberapa tempat wisata utama Kanada, seperti air terjun Niagara, Bluenose, dan gedung Parlemen. Mari kita lihat tempat wisata tersebut di dalam paspor Kanada berikut ini. 

fakta unik tentang paspor
Sumber: traveltriangle.com

Gimana menurut kalian tentang paspor-paspor diatas ini guys?  Keren banget kan.

3. Kesenjangan dalam sebuah paspor

Ternyata ada kesenjangan mendasar dari negara-negara yang menerbitkan paspor. Kesenjangan ini yaitu dalam hal pengurusan visa. Negara-negara di dunia dibedakan berdasarkan posisinya yaitu global utara dan global selatan. Negara-negara global utara seperti Amerika Serikat dan Kanada mempunyai paspor terkuat di dunia, jadi pemegang paspor negara-negara tersebut bisa pergi ke banyak negara tanpa memerlukan visa. 

Berbeda dengan negara-negara di global selatan seperti Afrika dan negara di kawasan Asia Tenggara, negara yang masuk di global selatan ini tidak memiliki banyak pilihan negara tujuan bebas visa. Jadinya, negara-negara di global selatan ini harus menghadapi sederet persyaratan untuk mengajukan visa. 

fakta unik tentang paspor
Sumber: en.wikipedia.org

4. Orang yang dapat bepergian ke luar negeri tanpa memerlukan paspor

Pastinya kita udah tau kan kalau paspor itu dokumen yang wajib dimiliki seseorang kalau orang tersebut mau berpergian keluar negeri. Nah, kalau orang yang satu ini tuh engga punya paspor tapi bisa bepergian keluar negeri guys, siapakah dia? Dia adalah Ratu Elizabeth II. Ratu Elizabeth II ini engga punya paspor karena semua paspor di Britania Raya atau Inggris dikeluarkan atas nama dan autoritas dari Ratu Elizabeth II itu sendiri. Berbeda sama anggota keluarga kerajaan yang lain masih membutuhkan paspor untuk bepergian ke luar negeri. Selain bepergian tanpa paspor, Ratu Elizabeth juga engga membutuhkan SIM dan bebas dari tuntutan hukum (memang kece bunda ratu yang satu ini ya). 

fakta unik tentang paspor
Sumber: blog.whitening.in

5. Paspor yang diterbitkan untuk orang yang sudah meninggal

Kalau biasanya paspor diterbitkan untuk orang yang masih hidup, otoritas Mesir menerbitkan paspor resmi untuk Raja Ramses II (Bahasa Inggris: Ramesses II) . Siapakah itu Raja Ramses II? Ramses II adalah firaun dari Dinasti Kesembilan Belas, dinasti kedua dari Kerajaan Baru Mesir kuno. Ia dilahirkan sekitar tahun 1302 SM, dan menggantikan ayahnya, Seti I, pada akhir usia belasan atau awal 20-an. Ramesses II memerintah total selama 66 tahun, menjadikannya salah satu firaun pemerintahan terpanjang dalam sejarah Mesir kuno.

Penerbitan paspor untuk Raja Ramses II ini diawali dengan rencana pemindahan mumi Ramses II dari Mesir ke Prancis. Awalnya, firaun dimakamkan di makam yang sekarang ditunjuk sebagai KV7. Namun, beberapa waktu kemudian, mumi Firaun dipindahkan oleh para pendeta Mesir ke tempat penyimpanan mumi Deir el-Bahri, tempat mumi itu tetap ditemukan sampai ditemukan pada tahun 1881.

Mumi Ramesses II ditempatkan di Museum Mesir di Kairo pada tahun 1885. Pada tahun 1974, ahli Mesir yang bekerja untuk museum menyadari bahwa mumi firaun memburuk dengan kecepatan yang mengkhawatirkan, dan memutuskan untuk mengirimnya ke Prancis untuk diperiksa. Rupanya, di bawah hukum Mesir, bahkan orang mati diharuskan memiliki dokumen yang tepat sebelum mereka diizinkan meninggalkan negara itu. Juga telah diklaim bahwa dengan dokumen-dokumen ini akan memberi firaun perlindungan hukum yang diperlukan untuk memastikan kepulangannya yang aman ke negara itu. Mungkin ditakuti bahwa sekali di Prancis, mumi firaun tidak akan diizinkan pergi.

fakta unik tentang paspor
Sumber: vintagenewsdaily.com

6. Database dan kredibilitas paspor 

The Henley Passport Index mengklaim sebagai satu-satunya portal indeks paspor terbesar dan terlengkap yang mengacu pada data International Air Transport Association (IATA). Portal ini nggak sekedar membuat peringkat paspor yang memberi gambaran untuk Soulmed yang ingin melakukan perjalanan ke luar negeri. Di dalamnya juga berisikan negara mana yang bisa Soulmed kunjungi tanpa perlu menggunakan visa. Kemudian juga ada histori peringkat paspor selama 14 tahun terakhir. Bagaimana perbandingan paspormu dengan paspor lain. Kenapa paspormu punya akses ke negara tertentu, dan paspor jenis apa yang memiliki tambahan keistimewaan. Dengan mengakses The Henley Passport Index di https://www.henleypassportindex.com/ Soulmed bisa tuh melihat bagaimana fluktuasi peringkat paspor Indonesia mulai tahun 2014 sampai tahun 2020 ini. Tidak hanya itu saja, kalian juga bisa melihat beragam cover paspor dari berbagai negara. Siapa tahu pengen kepo desain paspor negara lain. 

fakta unik tentang paspor
Sumber gambar: https://www.henleypassportindex.com/

7. Peringkat negara yang mengeluarkan paspor

Sesuai data yang dirilis oleh The Henley Passport Index, peringkat pertama negara dengan paspor paling powerful dipegang oleh Jepang. Pemegang paspor Jepang memiliki akses bebas visa untuk mengunjungi sebanyak 191 negara di seluruh dunia. Sementara itu peringkat terendah dipegang oleh Afganistan. Bagi orang-orang yang punya paspor Afganistan, mereka hanya diperbolehkan berkunjung tanpa visa ke 26 negara. Indonesia sendiri ada di peringkat 72 dengan total negara tujuan bebas visa sebanyak 70 negara di seluruh dunia. Selama 14 tahun terakhir, peringkat tertinggi Indonesia berada di angka 67 yaitu pada tahun 2006. Sedangkan peringkat terendah di posisi 84 yaitu pada tahun 2010 dan 2015. Semoga kedepannya daftar negara bebas visa dengan paspor Indonesia makin banyak, jadi wargi Bandung punya tambahan tujuan negara yang bisa dikunjungi. 

fakta unik tentang paspor
Sumber gambar: https://www.henleypassportindex.com/

8. Makna Dibalik Stempel Paspor

Soulmed pernah bepergian ke luar negeri? Pasti tahu dong kalau setiap melewati imigrasi paspor kita akan dicek dan setelah itu umumnya dicap menggunakan stempel. Rupanya stempel tersebut selain menjadi penanda bahwa kita pernah mengunjungi negara tersebut juga dibuat untuk membantu melacak pergerakan kita di negara yang kita kunjungi. Setiap negara memiliki cap unik mereka sendiri dengan nama negara, tempat untuk menuliskan tanggal kedatangan dan tanda tangan oleh petugas imigrasi. Stempel paspor tidak hanya berfungsi sebagai bagian dari administrasi tetapi juga dihargai sebagai barang koleksi untuk para traveller. Kabar kurang menyenangkan bagi para kolektor cap stempel paspor, karena saat ini beberapa negara menerapkan kebijakan untuk tidak lagi mencap paspor. Pengunjung tidak lagi mendapatkan stempel di paspornya saat melakukan proses imigrasi dengan tujuan agar lebih cepat dan efisien. Australia, Hong Kong, Israel, Makau, Singapura dan Korea Selatan tidak lagi memberi cap paspor saat masuk atau keluar, tetapi mengeluarkan slip pernyataan imigrasi sebagai gantinya.

Sumber gambar: https://www.theactivetimes.com/

9. Stempel paspor dibubuhkan acak

Coba deh Soulmed perhatikan, waktu paspor kita diperiksa imigrasi seringkali mereka membubuhkan stempel tidak berurutan di halaman paspor kita. Suka ada halaman yang dibiarkan kosong atau dilewati. Apa petugas imigrasinya kurang teliti jadi kelewatan halamannya ya? Atau mereka memang malas mengurutkan? Ternyata ada banyak alasan kenapa hal tersebut terjadi. Salah satunya ya karena petugas imigrasi random saja melakukannya. Tapi sebagian lainnya menyebutkan mereka melakukan itu karena beberapa negara akan mengeluarkan stiker visa yang membutuhkan satu halaman paspor. Karena itu mereka sengaja menyediakan halaman yang benar-benar kosong untuk berjaga-jaga. Pernah nggak di antara Soulmed muncul keinginan untuk bilang ke petugas imigrasi supaya stempelnya dicap berurutan? Biar tidak loncat-loncat dan menyisakan halaman kosong. 

10.Paspor paling aman sedunia 

Nikaragua disebut-sebut sebagai negara dengan paspor yang paling aman di dunia. Sebab, paspor dari negara beribu kota Managua yang terletak di Amerika Tengah itu memiliki 89 fitur keamanan, termasuk hologram ‘barcode bidimensional’, hingga watermark. Bahkan dilaporkan paspor Nikaragua termasuk paspor yang paling tidak bisa dipalsukan di dunia. Rupanya kenapa Nikaragua sampai menciptakan sistem keamanan sampai seketat ini, karena dulunya paspor Nikaragua sering disalahgunakan pihak-pihak tidak bertanggungjawab untuk kejahatan.Pemerintah Nikaragua menyebutkan perlu ada pencegahan untuk penggunaan ilegal paspor Nikaragua oleh teroris internasional dan sekutu asing. Banyak orang-orang negara lain yang melakukan kejahatan dan memegang paspor ilegal Nikaragua padahal mereka sama sekali tidak pernah menjadi warganegara Nikaragua. Pemerintah Nikaragua ingin mendapatkan kembali kredibilitas negaranya sehingga warga Nikaragua dapat bepergian ke mana saja di dunia tanpa khawatir. Mereka berharap seluruh dunia memiliki kepercayaan penuh pada paspor resmi yang diterbitkan negaranya. 

Sumber gambar: https://www.deviajenicaragua.com/

11. Tiga negara dengan biaya pembuatan paspor termahal

Image result for swiss
Sumber foto : travel.dream.co.id

Diurutan ketiga ada negara Swiss yang menjadi salah satu tujuan destinasi favorit di seluruh dunia karena pemandangan alamnya yang sangat menawan. Selain keindahan alamnya yang menawan, Swiss juga termasuk ke dalam negara paling sejahtera di seluruh dunia. Untuk mendapatkan paspor, masyarakat Swiss membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Mereka membutuhkan biaya sekitar US$ 180 atau setara dengan 2,5 juta rupiah.

Image result for turki
Sumber foto : reqnews.com

Diurutan kedua, ada negara yang wilayahnya sebagian masuk kedalam benua Asia dan sebagian lagi di benua Eropa. Yup betul sekali Soulmed, Turki adalah negara kedua yang membutuhkan biaya pembuatan paspor termahal di dunia. Masyarakat Turki dikenakan biaya sebesar US$ 182 atau setara dengan 2,6 juta rupiah.

Image result for autralia
Sumber foto : royalcaribbean.com

Diurutan pertama, atau yang menjadi negara dengan biaya pembuatan paspor termahal dipegang oleh negara dimana hewan kanguru berasal. Siapa sangka negara yang letak geografisnya gak terlalu jauh dengan Indonesia ini ternyata memiliki biaya pembuatan paspor terbilang mahal mencapai 293 Dollar Australia atau setara Rp 2,8 jutaan.

12. Paspor langka di dunia

Para Soulmed tahu nggak sih ada paspor yang keberadaannya langka di dunia? Kenapa bisa dibilang langka, karena paspor yang satu ini hanya dimiliki tidak lebih dari 500 orang di seluruh dunia. Kok bisa?

Image result for passport diplomatik
Sumber foto : today.line.me

Paspor yang dimaksud adalah paspor diplomatik yang dikeluarkan oleh overeign Military Order of Malta (Orde Militer Berdaulat Malta). Lalu, apa sebenarnya Orde Militer Berdaulat Malta ini? Jadi, mereka merupakan sebuah ordo Katolik yang kedaulatannya diakui oleh Paus Paschal pada 1113. Mulanya, mereka adalah para komunitas biarawan yang bertanggung jawab untuk merawat orang sakit. Namun seiring berjalannya waktu, ordo ini beralih menjadi ordo militer yang menjaga Tanah Suci dan para peziarah, juga memberikan perawatan kesehatan untuk para peziarah.

13. Paspor pertama dalam sejarah ada di Alkitab

buku
Sumber foto : bbc.com

Para Soulmed tahu nggak paspor pertama di dunia? Paspor pertama di dunia disebutkan sudah ada sejak 450 tahun sebelum masehi. Hal tersebut tertulis dalam kitab Nehemiah di Alkitab, bahwa Raja Artaxerxes I dari Persia memberikan surat jalan kepada seorang pejabat sebagai jaminan keamanan bagi pejabat itu saat bertolak melintasi kawasan Yudea. Jaminan keamanan tersebut yang dipercaya sebagai paspor pertama di dunia.

14. Paspor paling kuat di dunia

Image result for jepang
Sumber foto : cnnindonesia.com

Menurut The Henley Passport Index yang secara berkala mengukur paspot paling ramah perjalanan di dunia, telah merilis laporan pertama di 2020. Soulmed tahu gak? Hasilnya, Jepang kembali memegang paspor terkuat di dunia tahun ini. Jepang sekarang ada di puncak peringkat yang menawarkan akses bebas visa atau visa-on-arrival ke 191 tujuan di seantero dunia. Wow keren banget ya guys!

15. Paspor paling lemah di dunia

Image result for negara suriah sebelum perang
Sumber foto : matamatapolitik.com

Berbeda dengan Jepang yang memiliki akses bebas visa atau visa-on-arrival ke 191 tujuan di seluruh dunia, negara ini justru kebalikannya guys. Kemampuannya yang hanya bisa mengakses kurang dari 30 negara, membuat Suriah menjadi negara dengan paspor paling lemah di dunia. Tidak hanya Suriah, hal yang sama juga terjadi pada Pakistan, Irak dan Afghanistan.

16. Tempat pembuatan e-paspor di Indonesia

Soulmed pada tau gak ternyata di Bali tidak bisa memperpanjang paspor? Di Banyuwangi juga tidak bisa, Balikpapan tidak bisa, Makassar? Tidak bisa juga. Jadi dimana saja sih tempat kalian bisa bikin paspor elektronik ini? 

  • Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan,
    yang bertempat di Jl. Warung Buncit Raya No.207
Sumber: Google Maps
  • Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Barat,
    Yang bertempat di Jl. Pos Kota No.4
Sumber: Google Maps
  • Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Soekarno-Hatta,
    Yang bertempat di Jl. Soekarno-Hatta International Airport
Sumber: Google Maps
  • Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Timur,
    Yang bertempat di Jl. Bekasi Tim. Raya No.169
Sumber: Google Maps
  • Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Pusat,
    Yang bertempat di Jl. Merpati No.3
Sumber: Google Maps
  • Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Utara,
    Yang bertempat di Jl. Boulevard Barat Raya A4 No.80
Sumber: Google Maps
  • Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Priok,
    Yang bertempat di Jl. Melati No.124 A
Sumber: Google Maps
  • Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam,
    Yang bertempat di Jl. Engku Putri No.3
Sumber: Google Maps
  • Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya,
    Yang bertempat di Jl. Raya Darmo Indah No.21
Sumber: Google Maps

17. Di Indonesia, paspor kamu bisa diperpanjang 6 Bulan sebelum masa berlakunya habis

Soulmed sekalian gaboleh ganti paspor sembarangan! Mengapa? Karena dari Direktorat Jenderal Imigrasi telah memberikan beberapa ketentuan dan kondisi tentang kapan sebaiknya Kamu mengganti paspor.

Seperti judul kami, paspor dapat diperpanjang 6 bulan sebelum mati ataupun setelah mati, tetapi jika Soulmed sekalian menghilangkan paspor, kalian wajib mengurus kehilangan akan paspor tersebut.

18. Pengajuan pembuatan paspor bisa dibatalkan

Kok bisa dibatalkan? Iya, jika kalian mengajukan paspor atau membuat paspor dengan menggunakan surat identitas palsu maka sudah pasti banget tidak akan keluar. Atau jika kalian lupa mengambil paspor selama lebih dari satu bulan, bakal hangus juga tuh. Jika kalian melakukan salah satu dari kedua masalah diatas, kalian wajib bikin ulang guys, so watchout.

19. Paspor khusus untuk Tenaga Kerja Indonesia (TKI)

Ada anggapan yang beredar kalau paspor dengan jumlah 24 halaman itu diberikan/dibuat untuk TKI saja. Anggapan tersebut itu keliru ya guys. Baik paspor 24 halaman maupun 48 halaman itu bisa diberikan untuk siapapun, terlepas apapun dari tujuannya bepergian ke luar negeri. Memang paspor 24 halaman itu banyak dimiliki oleh TKI yang mana mereka menggunakan paspor itu untuk pergi ke luar negeri dan menetap atau bekerja di sana sehingga paspor tersebut akan jarang digunakan. Hal ini juga didukung karena bukan saja selain harga pembuatan paspor 24 halaman lebih murah, paspor dengan 24 halaman juga dianggap lebih dari cukup untuk menampung stempel visa selama 5 tahun.

20. Denda untuk paspor rusak atau hilang

Mimin mau tanya nih, apa yang harus kalian lakukan kalau paspor kalian rusak atau bahkan hilang? Tentu saja kalian harus mengganti paspor tersebut di kantor imigrasi terdekat kan. Eits, tunggu dulu, ternyata bukan cuma itu aja guys, kalian diwajibkan untuk membayar denda atas paspor kalian yang rusak atau hilang tersebut. Menurut PP Nomor 28 Tahun 2019 yang berlaku di layanan imigrasi, masyarakat yang kehilangan paspor akan didenda sebesar 1 juta Rupiah, sedangkan masyarakat yang paspornya rusak akan didenda sebesar 500 ribu Rupiah. Bukan cuma itu, orang tersebut juga bisa dikenakan penangguhan pembuatan paspor selama 6 bulan hingga 2 tahun. So, kalian harus jaga dan simpan paspor kalian sebaik mungkin ya guys.

Demikian 20 fakta unik tentang paspor yang sudah tim Mediasi Bandung rangkum untuk Soulmed semua. Mimin mau tanya nih, apakah Soulmed sudah memiliki paspor? Kalau kalian belum memiliki paspor dan berencana ingin membuat paspor, kalian bisa cek artikel ini ya untuk mengetahui cara dan tips membuat paspor.

Next Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *