18 Rumah Sakit Bandung yang Menerima Layanan BPJS Kesehatan

Untuk memberikan kemudahan layanan berobat murah menggunakan kartu BPJS, maka BPJS menjalin kerjasama dengan berbagai rumah sakit untuk menjadi faskes lanjutan, yang dapat digunakan peserta ketika akan berobat. Berikut adalah 18 Rumah Sakit di Bandung yang menerima layanan BPJS Kesehatan:

1. Rumah Sakit Advent

Rumah Sakit Advent
Photo credit to goalkes.com

Rumah Sakit Advent merupakan salah satu rumah sakit swasta tertua di Bandung yang didirikan pada  tanggal 1 Oktober tahun 1950 oleh Donald N. Holm seorang dokter dan missionaris Gereja Advent. Selama bertahun-tahun Rumah Sakit Advent dikenal dengan “The American Hospital” karena sebagian besar dokter di Rumah Sakit tersebut berasal dari Amerika Serikat. Tahun 1970 kepemimpinan rumah sakit dialihkan pada putra Indonesia. Dr. Henry Novak adalah doktor bangsa asing terakhir yang menjadi pimpinan Rumah Sakit Advent Bandung.

Rumah Sakit Advent memang sempat berhenti menerima pasien BPJS  Kesehatan lantaran izin akreditasinya dianggap kadaluarsa per tanggal 1 Mei tahun 2019 lalu. Saat ini Rumah Sakit Advent sudah kembali menerima pasien yang menggunakan kartu BPJS Kesehatan.

Kontak :

Jalan Cihampelas No. 161 Kota Bandung 40131. Jawa Barat, Indonesia.

+62 22 2034386

(Fax) +62 22 2041109

humas@rsadventbandung.com

2. Rumah Sakit Al-Islam Bandung

Rumah Sakit Al-Islam
Photo credit to rsalislam.com

Rumah Sakit Al Islam Bandung adalah Rumah Sakit milik Yayasan RSI KSWI Jawa Barat yang mempunyai visi “Menjadi Rumah Sakit Yang Unggul, Terpercaya dan Islami dalam Pelayanan dan Pendidikan”. Rumah Sakit Al Islam juga menerima pasien yang menggunakan kartu BPJS Kesehatan dengan syarat bahwa pasien mendapatkan rujukan asli BPJS dari fasilitas kesehatan sebelumnya (Puskesmas/RS tipe C) yang ditujukan ke Rumah Sakit Al Islam Bandung.

Kontak :

Jl. Soekarno Hatta No. 644

Tel. (022) 7565588

Fax. (022) 7563233

mail@alislamhospital.com

3. Rumah Sakit Muhammadiyah

Rumah Sakit Muhammadiyah
Photo credit to rsmb.co.id

Rumah sakit yang beralamat di Jalan K.H. Ahmad Dahlan atau yang mana dulu dikenal dengan Jalan Banteng ini merupakan perwujudan dan keinginan masyarakat muslim dan para tokoh Jawa Barat. Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung telah mendapat tempat di masyarakat, karena kontribusinya yang besar di bidang pelayanan kesehatan untuk segmen masyarakat menengah ke bawah. Lokasi RSMB ini pun mudah dijangkau dari berbagai arah.

Sebagai salah satu rumah sakit swasta yang ada di Kota Bandung, Rumah Sakit Muhammadiyah berusaha sekuat tenaga untuk memberikan pelayanan kesehatan yang sebaik-baiknya kepada masyarakat tak terkecuali dalam hal ini pemegang kartu BPJS, dimana sejak tahun 2014 Rumah Sakit Muhammadiyah sudah bekerjasama dengan pihak BPJS Kesehatan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien peserta BPJS.

Kontak :

Jl. K.H. Ahmad Dahlan No.53 Bandung 40264 – Indonesia

Telp. (022) 7301062

kontak@rsmb.co.id

4. Rumah Sakit Mata Cicendo

Rumah Sakit Mata Cicendo
Photo credit to beritabaik.id

Dari beberapa rumah sakit khusus mata yang ada di Bandung, salah satunya adalah Rumah Sakit Mata Cicendo. Disini pasien yang dating setiap harinya bisa mencapai angka 500 dan kebanyakan pasien yang datang dengan kasus katarak. Selama persyaratan yang dibawa sudah lengkap dan memenuhi prosedur, Rumah Sakit Mata Cicendo ini pun menerima pasien yang menggunakan kartu BPJS Kesehatan.

Kontak :

Jl. Cicendo No.4, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40117

Telp. (022) 4231280

5. Rumah Sakit Pindad

Rumah Sakit Pindad
Photo credit to rsupindad.com

Rumah sakit Pindad adalah rumah sakit umum milik Swasta dan merupakan salah satu rumah sakit tipe C yang terletak di wilayah Bandung, Jawa Barat. Rumah sakit ini memberikan pelayanan di bidang kesehatan yang didukung oleh layanan dokter spesialis serta ditunjang dengan fasilitas medis lainnya. Dengan visi menjadi rumah sakit yang professional, mandiri, bermutu, dan terpercaya, Rumah Sakit Pindad ini juga menerima pasien dengan kartu BPJS Kesehatan dengan persyaratan yang sudah memenuhi prosedur.

Kontak :

Jl. Gatot Subroto 517 Bandung, Jawa Barat 40285

Telp. (022) 7322877

booking@rspindad.com

6. Rumah Sakit Dr. Hasan Sadikin

RSHS Bandung
Photo credit to ayobandung.com

Rumah sakit Dr. Hasan Sadikin Bandung adalah salah satu rumah sakit tertua dibandung, berumur 97 tahun pada tanggal 15 Oktober nanti Rumah Sakit Dr. Hasan Sadikin Bandung (RSHS) memiliki sejarah panjang dalam Industri Kesehatan Bandung, Jawa Barat, dan Indonesia.

Dari data yang kami peroleh, sistem pendaftaran untuk pengobatan BPJS ataupun Non-BPJS harus melalui Online yang mana bisa didownload melalui aplikasi bernama RSHS-Go yang telah berada di Play Store ataupun Apple Store.

Kontak :

Jl. Pasteur No. 38 Bandung Jawa Barat 40161

Telp. (022) 2034953/55

Fax: (022) 2032216

rsup@rshs.web.id

7. Rumah Sakit Santo Yusup

Rumah Sakit Santo Yusup
Photo credit to facebook.com

“Ketulusan Pelayanan Kunci Utama Penyembuhan”, itulah moto dari Rumah Sakit Santo Yusup. Salah satu rumah sakit yang berada didalam satu grup  dengan Rumah Sakit Santo Borromeus memiliki sejarah yang saling berkaitan satu sama lain. Berasal dari klinik kecil sederhana dengan misi melakukan pendampingan dan pelayanan kesehatan bagi masyarakat tak mampu.

Untuk penggunaan BPJS di Rumah Sakit Santo Yusup dapat dilakukan dengan persyaratan persyaratan seperti menyerahkan dokumen yang diperlukan kepada petugas di mesin kios, menunggu antrian, mengajukan dokumen yang telah dipersiapkan sebelumnya dan menunggu kembali untuk diprosesnya pengajuan BPJS dari pasien tersebut.

Kontak :

Jl. Cikutra No. 7 Bandung  Jawa Barat 40124

Telp. (022) 7202420

Fax. (022) 7202419

info@rssantoyusup.com

8. Rumah Sakit Santosa

Rumah Sakit Santosa
Photo credit to rumahsakitonline.co.id

Rumah Sakit Santosa memiliki 2 cabang yang mana berada di Jl. Kebon Jati dan Jl. Kopo. Berpusatkan di Jl. Kebon Jati, Rumah Sakit Santosa memilki peralatan medis yang canggih dan didukung oleh tenaga medis dan paramedis yang mumpuni dibidangnya. Rumah Sakit Santosa adalah salah satu rumah sakit Terkemuka di Jawa Barat.

Sempat tersandung masalah akreditas terhadap BPJS, Rumah Sakit Santosa kini bisa melayani BPJS secara normal. Tatacara mendapatkan antrian BPJS di Rumah Sakit Santosa dapat dilakukan melalui aplikasi Telegram dengan meng add account bot Rumah Sakit Santosa yaitu @SHBCServiceBot.

Kontak :

Jl. Kebonjati No.38 Bandung 40181 – Indonesia

Telp. ( 022 ) 4348 333

humas@santosa-hospital.com

9. Rumah Sakit Rajawali

Rumah Sakit Rajawali
Photo credit to alamatdantempat.blogspot.com

Sedikit informasi yang telah kamu himpun untuk Rumah Sakit Rajawali ini, tetapi yang kami tahu Rumah Sakit Rajawali telah beroperasi dari 2008, dan memiliki tenaga medis yang mumpuni.  Dengan bangunan yang bisa dibilang  telah memasuki usia uzur, Rumah Sakit Rajawali tetap melayani pasien pasien BPJS dengan tatacara sebagai berikut.

Menggunakan sistem rujukan dari instansi kesehatan terkait, dan juga bisa melayani tanpa rujukan dengan persyaratan yang telah diberikan oleh Rumah Sakit Rajawali. Dengan tenaga medis yang terbatas, mungkin agak lama untuk pasien BPJS diproses di Rumah Sakit Rajawali ini untuk segera mendapatkan pelayanan medis.

Kontak :

Jl. Rajawali Barat No.38, Maleber, Kec. Andir, Kota Bandung, Jawa Barat 40184

Telp. (022) 6011913

biotek@bdg.centrin.net.id

10. Rumah Sakit Harapan Bunda

Rumah Sakit Harapan Bunda
Photo credit to harapanbunda.com

Rumah Sakit Harapan Bunda adalah bentuk usaha dari PT. Sehat Sejahtera yang didirikan oleh dr. Bambang Suhardjanto SpOG yang bergerak dibidang kesehatan. Selain itu ini juga perwujudan dari eksistensi keikutsertaan dalam program yang dicanangkan oleh pemerintah yaitu “Indonesia Sehat 2010”, dikutip dari website utama Rumah Sakit Harapan Bunda.

Tetap menggunakan sistem antrian, tetapi bisa secara offline ataupun online. Yang mana dimulai dari mengambil antrian secara offline dapat dilakukan dari jam 05.00 subuh. Untuk secara online pasien dapat melakukan registrasi untuk mendapatkan antrian secara online.

Kontak:

Jalan Pluto Raya Blok C Margahayu Raya Bandung Jawa Barat

Telp. (022) 750-6490

rb_harbun@yahoo.co.id

11. Rumah Sakit Immanuel

Rumah Sakit Immanuel
Photo credit to jadwalpraktek-dokter.blogspot.com

Rumah Sakit Immanuel yang berlokasi strategis dekat pusat kota ini memberikan kenyamanan dan pelayanan prima dari seluruh civitas hospitalia. Rumah Sakit ini memliki lingkungan yang asri dengan konsep health park. Rumah Sakit ini memiliki sarana penunjang medis yang lengkap dan siaga melayani masyarakat 24 jam. Rumah Sakit ini senantiasa meningkatkan kualitas pelayanan rawat inap dengan mendirikan Gedung Alkema yang dilengkapi dengan alat-alat medis terbaru.  

Kontak :

Jl. Kopo No. 161, Situsaeur, Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40117, Indonesia.

Telp. (022) 520 1656

info@rsimmanuel.com

12. Rumah Sakit Santo Borromeus

Rumah Sakit Santo Borromeus
Photo credit to m.inhealth.co.id

Rumah Sakit Boromeus adalah Rumah Sakit swasta favorit karena kualitas pelayanannya yang dinilai masyarakat sangat baik. Rumah Sakit ini memberikan pelayanan kesehatan dan keluarganya secara professional sesuai dengan Standar Akreditasi Rumah Sakit dan Sistem Manajemen Mutu. Selain itu juga, Rumah Sakit Boromeus secara konsisten meningkatkan pelayanan dengan pengembangan fasilitas medis dan kemampuan tenaga-tenaga medis untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. 

Pelayanan medis yang ditawarkan yaitu mulai dari fasilitas kesehatan mendasar hingga unit-unit perawatan khusus, ruang-ruang khusus penunjang medis, rawat inap dengan pelayanan bio-psiko sosio kultural dan spiritual. Selain pelayanan medis, Rumah Sakit Boromeus juga memiliki fasilitas penunjang umum seperti lobby yang nyaman dengan acuascaping, arena bermain anak, foodcourt, bakery, salon dan tenant lainnya.

Kontak :

Jl. Ir. H. Juanda No.100, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132.

Telp. (022) 2552000

online@rsborromeus.com

13. Rumah Sakit Gigi dan Mulut Maranatha

RSGM Maranatha
Photo credit to rsgm.maranatha.edu

RSGM Marantha adalah rumah sakit Pendidikan utama bagi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Kristen Maranatha yang memberikan pelayanan kesehatan gigi secara komprehensif. Rumah sakit ini didukung dokter gigi spesialis dan kompeten dengan sarana fasilitas medis yang cukup lengkap seperti Instalasi Gawat Darurat, Instalasi Farmasi, Laboratorium Klinik, Instalasi Radiologi Kedokteran Gigi, dan Instalasi Bedah.  

RSGM Maranatha menerima dan melayani para pasien yang memiliki kepesertaan BPJS Kesehatan untuk kasus / penyakit khusus gigi dan mulut dan kejadian Gawat Darurat / Emergency.

RSGM Maranatha berfungsi sebagai Fasilitas Kesehatan (Faskes) / Penyedia Pelayanan Kesehatan (PPK) lanjutan atau tingkat 2, sehingga bagi anda atau calon pasien yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan dengan menggunakan BPJS Kesehatan, maka diharuskan membawa kelengkapan dokumen sebagai berikut:

  • Diri sendiri (Tidak Dapat Diwakilkan)
  • Kartu Peserta BPJS / Kartu Indonesia Sehat (KIS) Asli
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) Asli
  • Kartu Keluarga Asli (Khusus Kepesertaan dengan Penerima Bantuan Iuran (PBI))
  • Surat Rujukan ONLINE Asli dari Faskes 1 (Klinik, Puskesmas, dll yang tertera pada Kartu Peserta BPJS)
  • 2 Lembar Fotocopy untuk masing-masing persyaratan di atas.
RSGM Maranatha
Photo credit to rsgm.maranatha.edu

Kontak :

Jl. Surya Sumantri No.65, Sukawarna, Kec. Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat 40164

Telp. (022) 2019571

info@rsgm.maranatha.edu

14. Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak Kota Bandung

Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak Kota Bandung
Photo credit to rskiakotabandung.com

RSKIA Kota Bandung ini awalnya berlokasi di Jl. Astana Anyar. Per tanggal 16 Januari 2020, RSIA Kota Bandung ini direlokasi ke Jl. KH. Wahid Hasyim. RSKIA Kota Bandung ini menjadi rujukan pelayanan kesehatan Ibu dan Anak yang unggul, mudah dan nyaman untuk pasien-pasiennya. Fasilitas pelayanan yang diberikan rumah sakit ini yaitu klinik kandungan dan kebinanan, klinik gynekologi, klinik anak, klinik bedah, klinik penyakit dalam, klinik THT-KL, klinik imunisasi, dan klinik psikologi. 

Kontak :

Jl. KH. Wahid Hasyim (Kopo) No. 311, Bandung

Telp. (022) 5201139

sekretariat@rskiakotabandung.com

15. Rumah Sakit Melinda 2

Rumah Sakit Melinda 2
Photo credit to kimnyminimoo.wordpress.com

Pernah mendengar rumah sakit tak seperti rumah sakit? Memang ada yah yang seperti itu? Ada dong, Yaitu Rumah Sakit Melinda 2. Salah satu rumah sakit terbesar yang ada di Bandung. Menyuguhkan suasana layaknya hotel, Rumah Sakit Melinda 2 ini sangat akan membuat betah pengunjungnya karena kebersihan nya yang terjaga dan juga dekorasi membuat suasana lebih ciamik.

RS Melinda 2 juga menyediakan layanan BPJS, yang tentu tujuanya agar lebih memudahkan masyarakat akan layanan kesehatan nya.

Kontak :

Jalan Dr.Cipto No.1 Pasir Kaliki, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40171

Telp. (022) 4233777

16. Rumah Sakit Kebon Jati

Rumah Sakit Kebon Jati
Photo credit to kumparan.com

Didirikan oleh oleh perkumpulan masyarakat Tionghoa dengan nama Chung Hua Ie Yuen yang berarti Rumah Sakit Tionghoa yang tergabung dalam Yayasan Chung Hua Chung Hui, didirikan sekitar tahun 1943, Rumah Sakit Kebonjati ini mengalami perkembangan dan peningkatan dalam segi pelayanan masyarakat waktu demi waktu.

Bertempatkan di Kota Bandung, Rumah Sakit Kebonjati ini tentu saja bertujuan memberikan fasilitas layanan kesehatan masyarakat yang ditujukan pada masyarakat Bandung. Tetapi pasien Rumah Sakit Kebonjati ini tak hanya dari Bandung saja, mereka pun memiliki pasien yang berasal dari luar daerah Bandung, Karena akan pelayanan yang diberikan nya patut diacungi jempol dan diterima dengan baik. Selain itu, BPJS dapat diterima di Rumah Sakit Kebonjati ini. Wow sungguh memuaskan.

Kontak :

Jalan Kebon Jati No.152, Kb. Jeruk, Kecamatan Andir, Kota Bandung, Jawa Barat 40182

Telp. (022) 6014058

info@rskebonjati.com

17. Rumah Sakit Hermina

Rumah Sakit Hermina
Photo credit to jadwalpraktek-dokter.blogspot.com

Memiliki 20 Cabang di Indonesia, salah satunya terdapat di daerah Pasteur Bandung, Rumah Sakit Hermina adalah salah satu contoh rumah sakit yang sukses besar. Berawal dari tahun 1967, ketika Almarhum Ny.Hermina sepakat untuk mendirikan rumah bersalin di Jatinegara bersama seorang dokter. Dimulai dari sebuah rumah kecil milik Bu Hermina, Ucap seorang Presiden Direktur Hermina Hospital Group yaitu dr Hasmoro.

Rumah Sakit Hermina juga merupakan rumah sakit menerima BPJS, dan para pasien dilayani dengan baik tanpa ada perbedaan status. Pasien yang pernah dirawat juga mengatakan mereka puas akan layanan BPJS yang mereka sediakan, karena pelayanan yang baik diberikan oleh pihak rumah sakit tersebut.

Kontak :

Jalan Dr. Djunjunan No.207, Pasteur, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40173

Telp. (022) 6072525

marketing.pasteur@herminahospitals.com

18. Rumah Sakit Gigi dan Mulut Unpad

Rumah Sakit Gigi dan Mulut Unpad
Photo credit to nurmalafauzan.blogspot.com

Salah satu Rumah Sakit yang ada di Bandung dan ditujukan untuk keluhan gigi ataupun masalah yang terdapat pada mulut, RSGM Unpad in adalah satu solusi bagi masyarakat Bandung. Selain tempat nya yang bagus, layanan yang diberikan pun kian menuai tanggapan positif dikarenakan pelayanan yang baik dan masalah harga pun terjangkau.

Selepas itu, RSGM Unpad ini termasuk rumah sakit menerima BPJS Kesehatan yang berguna bagi masyarakat.

Kontak :

Jalan Sekeloa Selatan No.1, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132

Telp. (022) 2533044

rsgm.unpad@gmail.com

Itulah 18 daftar rumah sakit di Bandung yang menerima layanan BPJS Kesehatan, semoga bermanfaat!

Kalian baru mau daftar BPJS tapi belum tau persyaratan dan tata caranya seperti apa? Bisa klik disini.

Previous Article
Next Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *