12 Negara Bebas Visa untuk Pemegang Paspor Indonesia (Bagian 2)

Pasti banyak diantara kalian yang hobi travelling atau mengunjungi berbagai tempat yang baru. Namun, pasti banyak juga diantara kalian yang ingin travelling tapi tidak mau “riweuh” mengurus persyaratan visa negara yang bersangkutan. Berikut adalah list 12 negara bebas visa bagian 2 untuk pemegang paspor indonesia.

1. Peru

negara bebas visa
sumber foto : travelblog.com

Peru adalah sebuah negara di Amerika Selatan bagian barat yang kaya dalam budaya antropologi. Wilayah Peru dahulu adalah rumah dari beberapa budaya-budaya kuno, dimulai dari Norte Chico pada tahun 3500 sebelum masehi dan yang paling terkenal yaitu kerajaan Inca.

Peru memberikan bebas visa kepada pemegang passpor Indonesia  dengan durasi paling panjang diantara negara lainnya yang memberikan bebas visa kepada pemegang passpor Indonesia, yaitu  180 hari. Hal itu didukung oleh hubungan diplomatik Indonesia dan Peru yang sudah dibuka sejak 45 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 12 Agustus 1975. Selain hubungan diplomatik, Peru juga menjalin kerja sama dibidang ekonomi dengan Indonesia.  Pada 2018, menteri luar negeri kedua negara sepakat untuk memulai pembuatan Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) dilakukan secara bertahap, dimulai dengan TIGA (Trade in Goods Agreement).

Peru
sumber foto : planetware.com

Peru adalah negara yang indah dan menarik untuk dikunjungi, selain karena demografisnya yang berada di wilayah pegunungan Andes, Peru juga memiliki peninggalan-peninggalan sejarah dari peradaban kuno. Salah satu peninggalan peradaban yang terkenal di Peru yaitu Machu Picchu yang merupakan bangunan kuno yang dimiliki suku Inka. Objek wisata yang menarik lainnya yaitu Miraflores yang merupakan tebing di tengah kota yang langsung menghadap ke pantai dan Samudera Pasifik.

2. Qatar

negara bebas visa
sumber foto : pinterest.com

Qatar adalah sebuah negara emirat di Timur Tengah yang terletak disebuah semenanjung kecil di Jazirah Arab di Asia Barat. Qatar adalah negara dengan pendapatan per kapita tertinggi sedunia. Hal ini ditopang oleh cadangan gas alam dan minyak yang terbesar nomor tiga di dunia.

Qatar memberikan bebas visa kepada pemegang paspor Indonesia dengan durasi 30 hari. Hal itu didukung kerjasama bilateral Indonesia dan Qatar yang sudah berlangsung selama 44 tahun. Kedua negara ini merupakan anggota Organisasi Kerja Sama Islam. Kerjasama lainnya yang dibangun antara Indonesia dan Qatar yaitu kerjasama di bidang transportasi udara, pariwisata, dan agrikultural.

Qatar
sumber foto : pinterest.com

Qatar adalah negara yang menarik untuk dikunjungi. Qatar memiliki keunikan yaitu kota metropolis di tengah padang gurun. Salah satu objek wisata yang dapat kalian kunjungi yaitu Qatar National Museum. Di museum yang dahulu merupakan istana Sheikh Abdullah Al-Thani ini terdapat peninggalan sejarah masyarakat Qatar zaman dulu. Museum yang mempunyai desain yang futuristik ini sering menyelenggarakan pameran kuliner khas Qatar.

Obyek wisata lainnya yang harus kalian kunjungi kalau kalian berkunjung ke Qatar yaitu padang gurun Khor Al-Adaid. Pesona dari padang gurun ini yaitu gurun pasir yang berbatasan langsung dengan pantai.

3. Republik Gambia

negara bebas visa
sumber foto : pinterest.com

Republik Gambia adalah negara di Afrika Barat yang dikelilingi oleh Senegal. Gambia adalah negara terkecil di daratan Afrika yang hampir seluruh bagiannya dikelilingi oleh negara Senegal.

Gambia memberikan bebas visa kepada pemegang paspor Indonesia dengan durasi 90 hari. Hal itu didukung kerjasama bilateral Indonesia dan Gambia yang sudah berlangsung selama 38 tahun. Kerja sama yang dibangun antara Indonesia dan Gambia adalah kerja sama dibidang ekonomi.

Gambia
sumber foto : nationsonline.com

Walaupun Gambia adalah negara kecil, saat ini Gambia semakin populer sebagai destinasi pantai bagi para wisatawan. Salah satu objek wisata yang populer yaitu Taman Nasional River Island di Banjul. Taman nasional mempunyai luas 585 hektar yang didirikan pada tahun 1978. Di taman ini kalian dapat melihat banyak simpanse. Destinasi wisata lainnya yaitu Kunta Kinteh Island. Pulau yang disebut juga pulau James ini adalah pulau yang memiliki makna sejarah bagi Gambia dan Afrika Barat.

4. Republik Kepulauan Fiji

negara bebas visa
sumber foto : welt-atlas.com

Republik Fiji adalah negara kepulauan di Melanesia yang terdiri lebih dari 500 pulau. Pulau-pulau di republic Fiji ini terbentuk melalui aktivitas vulkanik dari sekitar 150 juta tahun yang lalu. Perekonomian Fiji adalah perekonomian yang paling maju di Pasifik yang disebabkan faktor kelimpahan sumber daya hutan, mineral, dan ikannya.

Republik Kepulauan Fiji memberikan bebas visa kepada pemegang paspor Indonesia dengan durasi 120 hari. Hal itu didukung kerjasama bilateral Indonesia dan Fiji yang sudah berlangsung selama 46 tahun. Kerja sama yang dibangun antara Indonesia dan Fiji adalah kerja sama dibidang ekonomi, turisme dan energi.

Republik Kepulauan Fiji
sumber foto : wondermondo.com

Republik Fiji menawarkan pesona keindahan pulau dan pantainya karena memang negara ini adalah negara kepulauan. Pesona pantai yang ditawarkan yaitu pantai berpasir putih dengan gugusan pulau yang indah. Salah satu pulau yang terkenal yaitu pulau Monuriki yange memiliki kehidupan bawah laut yang beragam. Nah, kalau kalian suka keindahan alam lainnya, kalian bisa memilih ke Gua Sawa-Ilau. Gua ini terbentuk dari bebatuan glamping yang muncul diatas permukaan laut.

5. Republik Mali

negara bebas visa
sumber foto : venturesafrica.com

Republik Mali adalah negara yang di kelilingi daratan di Afrika Barat. Mali adalah negara terbesar ke delapan di Afrika. Ekonomi negara ini berada pada bidang agrikultur dan pertambangan yaitu emas.

Mali memberikan bebas visa kepada pemegang paspor Indonesia dengan durasi 30 hari. Hal itu didukung kerjasama bilateral Indonesia dan Mali yang sudah berlangsung selama 55 tahun. Kerja sama yang dibangun antara Indonesia dan Mali adalah kerja sama dibidang ekonomi perdagangan dan investasi.

Mali
sumber foto : traveltourxp.com

Meskipun Mali adalah negara yang dikelilingi daratan lainnya, Mali masih mempunyai pantai yang mempesona yaitu Pantai Mali. Pantai ini memiliki air laut yang tenang dan pasirnya yang putih. Di sekitar Pulau Mali ini juga terdapat obyek wisata yang menarik lainnya yaitu Pulau Sika dan mata air yang terletak dibawah rimbunnya pepohonan.

6. Rwanda

negara bebas visa
sumber foto : welt-atlas.com

Republik Rwanda adalah sebuah negara di Afrika Tengah dan merupakan negara terkecil di dunia. Nama Rwanda diambil dari satu kelompok budaya dan Bahasa adalah Banyarwanda. Bahasa resmi dari Rwanda adalah Kinyarwanda.

Rwanda memberikan bebas visa kepada pemegang paspor Indonesia dengan durasi 90 hari. Hal itu didukung kerjasama bilateral Indonesia dan Gambia yang sudah berlangsung selama 40 tahun. Kerja sama yang dibangun antara Indonesia dan Rwanda adalah kerja sama pada forum multilateral, perdagangan dan investasi.

Rwanda
sumber foto : fivetofivehotel.com

Rwanda menjadi salah satu destinasi wisata favorit yang patut kalian coba. Rwanda memiliki banyak taman nasional didalamnya. Salah satu taman nasional favorit yaitu Volcanoes National Park. Di taman nasional ini kalian bisa melihat habitat gorilla dan hewan langka lainnya yaitu monyet emas. Selain taman nasional, Rwanda juga memiliki danau yang terbesar di Benua Afrika yaitu Danau Kivu. Di danau ini kalian bisa berenang, mencoba perahu, ataupun hanya sekedar menikmati keindahannya saja.

7. Serbia

negara bebas visa
sumber foto : worldatlas.com

Republik Serbia adalah negara yang dikelilingi oleh negara di persimpangan sentral dan Eropa Tenggara di Dataran Pannonia selatan dan Balkan pusat. Penduduk Serbia ini disebut dengan Bangsa Serbia yang resmi diakui oleh minoritas Rumania dan Hongaria.

Serbia memberikan bebas visa kepada pemegang paspor Indonesia dengan durasi 30 hari. Hal itu didukung kerjasama bilateral Indonesia dan Serbia yang sudah berlangsung selama 66 tahun. Kerja sama yang dibangun antara Indonesia dan Serbia adalah dibidang ekonomi, kebijakan strategis pertahanan, logistik, dan pendidikan.

Serbia
sumber foto : orfreligion.com

Serbia memiliki berbagai pilihan alternatif objek wisata. Salah satu destinasi favorit yaitu Gunung Taman Kopaonik. Gunung ini adalah gunung tertinggi di Serbia dan terkenal dengan olahraga ice skating. Salju di tempat ini berlangsung dari bulan November sampai Mei. Nah kalau kalian berkunjung di luar bulan tersebut, kalian masih bisa melihat hamparan hijau dan jenis hewan yang cukup langka. Gunung ini juga menyimpan kekayaan mineral dibawahnya yaitu emas, perak, besi dan seng yang digali pada jaman dahulu. Namun saat ini kekayaan mineral ini hanya menjadi aset negara saja. Nah, kalau kalian hanya ingin menikmati pemandangan kota saja, kalian bisa mengunjungi Novi Sad. Novi Sad adalah kota yang indah yang memiliki gaya arsitektur yang kuat. Beberapa gedung yang memiliki seni arsitektur yang spektakuler yaitu Kastil Tua Dvorac Dundjerski dan Gereja Martir Agung St. George.

8. Singapura

negara bebas visa
sumber foto : worldatlas.com

Singapura adalah negara kota kepulauan yang terletak di Asia Tenggara. Kata Singapura berasal dari bahasa Sanskrit yang berarti Kota Singa, yang kemudian diasosikan dengan simbol dari negara ini yaitu Merlion.  Merlion digambarkan sebagai makhluk mitors dengan kepala singa dan badan ikan. Singapura juga disebut Kota Kebun dikarenakan jalan raya yang hijau oleh pepohonan dan juga usaha pemerintah Singapura dalam hal penghijauan.

Singapura negara tujuan yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan Indonesia.  Singapura memberikan bebas visa kepada pemegang paspor Indonesia dengan durasi 30 hari. Hal itu didukung oleh hubungan diplomatik antara Indonesia dan Singapura yang telah terjalin semenjak 52 tahun yang lalu. Singapura secara konsisten menjadi investor asing terkuat dalam hal investasi di Indonesia.

Singapura
sumber foto : pinterest.com

Singapura menjadi negara favorit wisatawan dari manca negara karena Singapura menawarkan beragam pilihan obyek wisata, mulai dari keindahan alam sampai tempat yang menawarkan teknologi mutakhir didalamnya. Landmark yang terkenal di Singapura yaitu patung Merlion di area Marina Bay Sand. Marina Bay Sand adalah ikon yang harus dilihat ketika berkunjung ke Singapura. Satu lagi titik yang dijadikan obyek wisata kekinian yaitu Jewel Changi Airport.  Jewel Changi Airport adalah hiburan yang bertema alam dan kompleks retail yang berlokasi di kawasan Changi Airport. Jewel Changi Airport menawarkan pesona air terjun dalam ruangan yang disebut Rain Vortex.

9. St. Vincent and the Grenadines

negara bebas visa
sumber foto : worldatlas.com

St Vincent and Grenadines adalah sebuah negara multi-pulau Anglo-Karibia yang terletak di Hindia Barat di ujung selatan perbatasan timur. Saint Vincent dan Grenadines adalah negara berpenduduk padat dengan ukurannya lebih dari 300 jiwa / km persegi dengan total penduduk sekitar 110.211 jiwa.

St Vincent and the Grenadines memberikan bebas visa kepada pemegang paspor Indonesia dengan durasi 30 hari. Hal itu didukung kerjasama bilateral Indonesia dan St Vincent and the Grenadines yang sudah berlangsung selama 32 tahun. Kerja sama yang dibangun antara Indonesia dan St Vincent and the Grenadines adalah dibidang teknik dan ekonomi.

St Vincent and Grenadines
sumber foto : planetware.com

St Vincent dan Grenadines juga menawarkan keindahan pulau dan pantai sebagai obyek wisatanya. Ada 32 pulau dan ngarai yang membentuk St. Vincent dan Grenadines (SVG). Sembilan dihuni, termasuk daratan St. Vincent dan pulau-pulau Grenadines: Pulau Muda, Bequia, Mustique, Canouan, Pulau Union, Mayreau, Petit St Vincent dan Pulau Palm. Taman Laut Nasional Tobago Cays yang menakjubkan juga terletak di dalam St Vincent and Grenadines. Negara multi-pulau Karibia ini menawarkan kombinasi petualangan hutan hujan tropis, selam scuba, pantai pasir putih Karibia klasik, akomodasi mewah dan petualangan berperahu pesiar atau berlayar.

10. Thailand

negara bebas visa
sumber foto : infoplease.com

Thailand yang secara resmi disebut Kerajaan Thailand dan sebelumnya dikenal sebagai Siam adalah negara yang terletak di tengah Semenanjung Indochina Asia Tenggara. Negara ini memiliki julukan Negeri Gajah Putih atau The Land of White Elephant. Mengapa demikian? Gajah putih adalah spesies gajah yang dimiliki oleh para raja di Thailand.

Thailand menjadi negara tujuan yang cukup diminati oleh wisatawan Indonesia. Thailand memberikan bebas visa kepada pemegang paspor Indonesia selama 30 hari. Hal itu didukung oleh hubungan diplomatik Indonesia dan Thailand telah berlangsung selama 70 tahun. Kerja sama antara kedua negara berlangsung di berbagai bidang seperti ekonomi, perdagangan, iptek dan budaya.

Thailand
sumber foto : pettitts.com

Thailand memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan beragam, mulai dari gedung pemerintahan, bangunan keagamaan, hingga keindahan alamnya yang mempesona. Salah satu ikon wisata favorit di Thailan yaitu Phuket. Phuket merupakan pulau yang indah dengan pantai berpasir putih dan bersih. Buat kalian yang hobi belanja, destinasi wisata ini bakal jadi favorit kalian, yaitu Chatuchak Weekend Market. Pasar ini terkenal dengan harganya yang murah dan masih bisa tawar menawar lagi, jadinya lebih murah dan pastinya sayang dilewatkan kalau kalian sedang berkunjung ke Thailand. 

11. Uzbekistan

negara bebas visa
sumber foto : factmonster.com

Uzbekistan adalah sebuah negara di Asia Tengah. Uzbekistan adalah salah satu dari dua negara yang terkurung dua daratan di dunia. Uzbekistan adalah republic konstitusional sekuler yang kesatuan. Uzbekistan adalah negara pecahan Uni Soviet yang terlime terbesar berdasarkan wilayah dan terbesar ketiga berdasarkan jumlah penduduk.

Uzbekistan memberikan bebas visa kepada pemegang paspor Indonesia dengan durasi 30 hari. Hal itu didukung kerjasama bilateral Indonesia dan Uzbekistan yang sudah berlangsung selama 28 tahun. Indonesia dan Uzbeistan adalah anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI). Kerja sama yang dibangun antara Indonesia dan Uzbekistan adalah dibidang ekonomi, pertanian, pariwisata, dan budaya.

Uzbekistan
sumber foto : wondermondo.com

Uzbekistan adalah negara yang memiliki banyak legenda dan sastra. Negara ini identik dengan padang pasir, menara-menara anggun, makam yang beraksitektur oriental, hingga pemandangan budaya Islam abad pertengahan yang mempesona. Salah satu obyek wisata arsitektur yang menarik yaitu Samarkand. Samarkand adalah sebuah kota tua yang masuk daftar warisan dunia UNESCO. Samarkand tampak megah dan memiliki banyak monumen bersejarah yang membuktikan kejayaan Islam di masa lampau. Nah, buat kalian yang mau melihat sesuatu fenoma alam yang unik, kalian bisa mendatangi The Gates of Hell atau Gerbang Neraka. Gerbang Neraka adalah sebuah lubang yang sangat panas yang mempunyai luas sekitar dua kali lapangan sepak bola dengan kedalaman lebih dari 30 meter.

12. Vietnam

negara bebas visa
sumber foto : factmonster.com

Vietnam yang secara resmi disebut Republik Sosialis Vietnam adalah negara paling timur di Semenanjung Indochina Asia Tenggara. Vietnam adalah negara terpadat nomor 13 di dunia.

Vietnam juga adalah salah satu negara yang digemari wisatawan Indonesia untuk berlibur. Vietnam memberikan bebas visa kepada pemegang paspor Indonesia selama 30 hari. Hal itu didukung oleh hubungan diplomatik Indonesia dan Vietnam telah berlangsung selama 65 tahun. Kerja sama antara kedua negara berlangsung di bidang investasi dan sektor farmasi.

Vietnam
sumber foto : touropia.com

Vietnam menawarkan objek wisata yang menarik untuk dikunjungi, salah satu objek wisata yang sedang kekinian yaitu Golden Hands Bridge yang terletak di Ba Na Hills. Jembatan ini menawarkan panorama yang indah dan desain yang elegant yaitu terlihat seperti dipegang oleh dua tangan raksasa. Satu lagi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi adalah Ha Long Bay. Ha Long Bay termasuk salah satu keajaiban alam dunia dan dinyatakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1994. Ha Long Bay menawarkan pesona air laut berwarna hijau toska, pulau-pulau berbatu kapur yang menjulang tinggi.

Itu tadi adalah 12 negara bebas visa bagian 2 yang dapat kalian jadikan referensi untuk travelling nanti. Kalian juga dapat melihat 12 negara bebas visa bagian 1 dan juga 12 negara bebas visa bagian 3.

Previous Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *