12 Negara Bebas Visa untuk Pemegang Paspor Indonesia (Bagian 1)

Pasti banyak diantara kalian yang hobi travelling atau mengunjungi berbagai tempat yang baru. Namun, pasti banyak juga diantara kalian yang ingin travelling tapi tidak mau “riweuh” mengurus persyaratan visa negara yang bersangkutan. Berikut adalah list 12 negara bebas visa untuk pemegang paspor indonesia.

1. Barbados

Barbados
Sumber foto : mapsland.com

Barbados, adalah salah satu negara yang bentuk nya itu Monarki Konstitusional. Merdeka pada tahun 1966, dan Bahasa resminya yaitu Inggris. Brigdetown merupakan ibu kota Barbados, yang mana Barbados ini adalah sebuah negara pulau di Lesser Antilles of West Indies, di wilayah Karibia Amerika Utara. Kebanyakan orang Barbados itu keturunan Afrika dan Eropa dan juga mayoritas beragama Kristen. Indonesia juga membuka hubungan diplomatic dengan negara Barbados ini seiring penandatanganan JC atau Joint Communique antara perwakilan dua negara.

12 negara bebas visa
sumber foto : bridgetown.com

Dimana maksudnya ini kedua negara yang sama – sama ingin memperkuat persahabatan dan kerja sama antara kedua negara dalam bidang ekonomi, politik, pendidikan dan budaya. Dan salah satunya adalah pariwisata, yang diharapkan disini adalah bisa meningkatkan dari segmen pariwisata antar dua negara ini yang menjadikan Indonesia disini bebas visa dengan durasi 30 hari. Memiliki objek wisata yang terkenal, salah satunya adalah Brigdetown. Adalah tempat objek wisata museum yang memiliki gaya bangunan seperti koloni inggris pada masa lalu. Bangunan yang megah nan juga memiliki nilai sejarah yang tinggi, Brigdetown ini menjadi salah satu objek wisata yang banyak diminati di Barbados. Tak jarang juga orang – orang ingin mengabadikan momen disana dengan berfoto – foto.

2. Belarus

Belarus
sumber foto : pinterest.com

Belarus adalah sebuah negara yang berada di Eropa timur dan ibu kotanya adalah Minsk. Memiliki Bahasa resmi yaitu Belarus dan Rusia, Negara ini terbagi menjadi 6 bagian provinsi dan sebuah kota khusus secara administratif. Dan kabar nya, Belarus resmi memperpanjang durasi bagi negara yang masuk dalam bebas visa yang Indonesia termasuk kedalamnya, dari 5 hari menjadi 30 hari. Dikarenakan Belarus ingin meningkatkan jumlah kunjungan turis ke negara nya dari segi industri pariwisata. Belarus ini adalah kota terbesar di negara pecahan Uni Soviet. Setelah 7 dekade bersama Uni Soviet dan memerdekakan diri sendiri pada tahun 1991 dengan nama Republik Belarus.

12 negara bebas visa
sumber foto : wondermodo.com

Luas wilayah Belarus adalah sebesar 207.600 km2 dengan jumlah penduduk 9.527.543 jiwa pada tahun 2018. Mayoritas penduduknya adalah etnis Belarus sendiri dan kebanyakan pemeluk agama Ortodoks. Secara astronomis, Belarus ini berada diantara 51 – 57 LU dan 23 – 33 BT. Dan kenapa Belarus ini memiliki hubungan kerja sama yang baik dengan Indonesia? Karena hasil kerja sama mereka yang terhitung tinggi dalam perdagangan yang membuat Belarus ini menjadi salah satu mitra utama Indonesia di Eropa timur. Mir Castle Complex adalah sebuah kastil yang dibangun diakhir abad ke 15, yang sebelumnya sudah mengalami rekonstruksi karena ditinggalkan selama hampir 1 abad dan berhasil diperbaharui di akhir abad ke 19. Sekarang kastil ini sudah menjadi objek wisata yang diminati oleh beberapa turis untuk dijadikan sebagai tempat wisata.

3. Bermuda

Bermuda
sumber foto : worldatlas.com

Bermuda adalah sebuah negara yang terletak di seberang laut Britania Raya di Samudera Atlantik bagian Utara. Bermuda merupakan salah satu negara yang menerapkan bebas visa untuk warga negara Indonesia, sedikit informasi mengenai hal ini. Walaupun jauh, Bermuda memiliki banyak destinasi wisata menarik seperti yah pantainya, laut sampai sejarahnya.

12 negara bebas visa
sumber foto : planetware.com

Disini yang dimaksudkan Bermuda itu bukan lah Segitiga Bermuda, melainkan negara kepulauan di perairan Atlantik Utara. Pertama kali ditemukan pada awal 1500-an oleh kapten Spanyol. Mengandalkan sektor pariwisata dan keuangan internasional, yang dikutip dari Britannica. Kalian tau apa itu Hamilton? Ialah tempat ibu kota Bermuda. Nah kota ini menjadi pusat bagi turis yang kesana karena banyaknya memiliki banyak nilai sejarah serta menyuguhkan pemandangan yang memukau. Dan tahun ke tahun mengalami perubahan yang baik.

4. Brasil

Brazil
sumber foto : geology.com

Siapa yang tidak tahu Brasil? Negara ini terkenal pastinya, pernah menjadi tempat diselenggarakan nya piala dunia, dan juga banyak film dan games yang mengangkat cerita di negara ini. Brasil juga memiliki banyak festival unik dan menarik yang tentunya menjadi daya tarik untuk turis. Untuk hal lainya, Brasil memiliki olah raga yang terkenal seperti Jiu-Jitsu, Capoiera dan Vale tudo.

12 negara bebas visa
sumber foto : traveluto.com

Terkenal akan keindahan tempat nya didunia, Brasil juga tersohor di dunia sepakbola dikarenakan atlet – atlet nya banyak yang sukses. Selepas itu semua, Brasil memiliki hubungan dengan Indonesia yaitu penandatanganan kesepakatan bebas visa dalam pertemuan bilateral antar Menteri luar negeri dari kedua negara tersebut. Yang diharapkan mampu untuk meningkatkan hubungan kedua negara, mendorong kerja sama antar negara di bidang perdagangan, pertanian dan interaksi individu ataupun bisnis. Jadi, Indonesia dapat berkunjung secara bebas visa selama 30 hari karena kesepakatan tersebut. Patung Kristus Penebus atau yang dibilang Christ the Redeemer adalah sebuah aset bagi negara Brasil dikarenakan patung ini jadi ikon di negara tersebut dan tak jarang juga turis banyak yang berdatangan untuk melihat patung tersebut.

5. Brunei Darussalam

Brunei Darussalam
sumber foto : factmonster.com

Terletak di Kawasan Asia Tenggara dan juga berdekatan dengan Indonesia, Brunei Darussalam adalah negara yang ekonomi nya didominasi oleh sektor minyak, gas alam dan batubara. Brunei juga adalah negara yang menjunjung tinggi nilai agama dan kesopanan baik sesama masyarakat ataupun luar. Menganut pemerintahan Islam Monarki absolut, Brunei juga termasuk negara terkaya kelima dari 182 negara karena unggul memiliki lading minyak bumi dan gas alam yang luas. Budaya yang sama dengan Melayu yang juga ada pengaruh kuat dari Islam, tetapi masih lebih konservatif disbanding Indonesia dan Malaysia.

12 negara bebas visa
sumber foto : wondermondo.com

Brunei Darussalam juga memberlakukan bebas visa untuk turis Indonesia selama 14 hari. Salah satu tempat yang memiliki nilai sejarah, dan terkenal untuk menarik perhatian dari turis ialah Masjid Omar Ali Saifuddien, adalah salah masjid yang indah di bagian asia pasifik. Menjadi simbol untuk agama islam dan selesai dibangun pada tahun 1958.

6. Chile

Chile
sumber foto : factmonster.com

Chile, Cilia tau Cile, adalah negara yang terletak di bagian tenggara Amerika Selatan dan pusat pemerintahan serta ibu kota di kota Santiago. Berbatasan dengan Bolivia disebelah timur laut, Argentina disebelah timur dan Samudera Pasifik disebelah barat dan selatan. Sistem pemerintahan yang dianut disini, yaitu Republik Presidensil yang mana kepala negara dan kepala pemerintahan nya yaitu Presiden. Makmur di bidang perekonomian, Chile merupakan salah satu negara yang stabil di wilayah Amerika Selatan dan juga penghasil dan pengeskpor anggur terbesar di dunia. Chile juga berperan aktif dalam hubungan luar negeri, bisa dilihat karena keikutsertaan nya sebagai salah satu pendiri PBB.

12 negara bebas visa
sumber foto : theculturetrip.com

Chile juga adalah negara yang memberlakukan bebas visa dengan lama 90 hari atau 3 bulan, WOW. Selain itu, wisata outdoor adalah yang menjadi andalan negara Chile ini. Hubungan bilateral yang sudah terjalin sejak tahun 1964. Disana juga ada salah satu tempat yang menarik wisatawan dari berbagai belahan dunia, yaitu Easter Island. Tempat yang dipenuhi patung – patung yang bernama Moai, yang dibuat sekitar abad 13 sampai ke 16. Bentuk perawakan nya seperti manusia tetapi dengan kepala yang besar.

7. Kolombia

Kolombia
sumber foto : pinterest.com

Sebuah negara di barat laut Amerika Selatan yang mempunyai hutan yang lebat. Sebagian besar negaranya merupakan Kawasan hutan. Berbatasan dengan Laut Karibia disebelah utara dan barat laut, Venzuela dan Brasil di sebelah timur, dan Ekuador diselatan. Memiliki kota besar sekaligus ibu kota, yaitu Bogota. Berbahasa resmi Spanyol, Kolombia menganut sistem pemerintahan Republik presidensial. Kolombia adalah negara terbesar ke-26 di dunia, ke empat terbesar di Amerika Selatan, dengan area lebih dua kali dari Prancis. Di Amerika Latin, negara ketiga di segi populasi setelah Brasil dan Meksiko. Dikenal karena kebudayaan nya, dan juga negara yang etnik nya bervariasi di lintas Selatan, yang mana merupakan hasil migrasi berskala besar pada abad ke-20.

12 negara bebas visa
sumber foto : daytours4u.com

Memiliki hubungan di bagian perdagangan bersama Indonesia, semisal Indonesia memasukan barang perdagangan nya dan juga saling bertukar informasi mengenai kebijakan perdagangan saat ini. Dan Kolombia, Indonesia diterima bebas nya dengan waktu 90 hari atau juga 3 bulan. Kalo kamu betah, bisa diperpanjang sampai 180 hari atau selama 6 bulan, hampir setengah tahun.

8. Dominika

Dominika
sumber foto : worldatlas.com

Sebuah negara yang terletak di gugus timur Laut Karibia ini diapit oleh dua negara kepulauan kecil lainya. Dominika adalah salah satu negara terkecil di dunia (Ke-172) kalo diibaratkan hanya seluas Pulau Ambon yang ada di Maluku dan pada tahun 1978 Dominika mendapatkan kemerdekaan nya. Penduduk aslinya yaitu Arawak, diusir dan dimusnahkan oleh orang Karibia pada abad ke-14. Orang Arawak dipandu ke Dominika, dan pulau di Karibia, oleh aliran Khatulistiwa Selatan dari perairan Sungai Orinoco. Keturunan orang Taino awal itu diusir oleh suku Karibia bernama Kalinago.

12 negara bebas visa
sumber foto : tripadvisor.com

Memiliki tempat wisata yang menarik wisatawan yaitu, Cabrits National Park. Taman yang juga memiliki nilai yang aktratif sehingga tempat ini sebagai salah satu wisata yang diminati di Dominika. Yang bergaya arsitektur layaknya kastil pada zaman dahulu. Telah berhubungan diplomatik sejak 2011, Indonesia dan Dominika telah mengalami peningkatan perdagangan, dan juga Indonesia termasuk negara bebas visa dengan waktu 21 hari.

9. Ekuador

Ekuador
sumber foto : infoplease.com

Quito adalah ibu kota Ekuador, Republik Ekuador merupakan salah satu dari tiga negara yang muncul dan jatuhnya Gran Colombia pada 1830 (lainya adalah Kolombia dan Venezuela). Terletak di Amerika Selatan bagian barat laut, berbatasan dengan kolombia di utara, dengan Peru di timur dan selatan, dan dengan Samudera Pasifik di barat. Negara ini juga termasuk Kepulauan Galapagos di pasifik, Spanyol adalah Bahasa resmi negara Ekuador dan pemerintahan nya menganut sistem Republik Presidensial.

12 negara bebas visa
sumber foto : pinterest.com

Dimulai pada tahun 1980, Indonesia dan juga Ekuador merupakan anggota dari Gerakan Non-blok. Hubungan bilateral utama kedua negara terjadi pada sektor energi, Ekuador memiliki beberapa lapangan gas dan minyak yang menawarkan Indonesia untuk berinvestasi di bidang tersebut. Dan pada tahun 2013 volume perdagangan kedua negara mencapai US$94,5 juta dimana neraca perdagangan Indonesia untung sebesar US$68,30 juta. Ekuador juga menerima turis Indonesia dengan bebas visa selama 90 hari atau 3 bulan, lumayan lama yah.

10. Philippines

Philippines
sumber foto : infoplease.com

Negara yang termasuk Kawasan Asia Tenggara, Filipina ini adalah salah satu negara kepulauan yang terletak di lingkar Pasifik barat, terdiri dari 7.641 pulau. Selama ribuan tahun, warga kepulauan Filipina dan pekerja keras telah mengembangkan sistem cocok tanam Padi yang sangat maju, yang menyediakan makanan pokok bagi masyarakat. Sama seperti Indonesia, Filipina ini juga kaya akan keindahan pantai- pantainya. Seperti Manila, Cebu, Boracay sampai Palawan. Pokoknya kalo kesana jangan lupa mampir deh sama apa yang tadi aku sebutin.

Memiliki 2 bahasa resmi yaitu, Filipino dan Inggris, Manila adalah ibu kota Filipina. Merupakan negara paling maju di Benua Asia. Memiliki hubungan bilateral bersama Indonesia, resmi dimulai pada tahun 1949, Indonesia dan Filipina sangat menikmati hubungan bilateral yang hangat dalam semangat kekeluargaan. Dan kedua negara tersebut ialah pendiri ASEAN. Indonesia juga termasuk negara yang diterima bebas visa oleh Filipina selama 30 hari atau 1 bulan.

12 negara bebas visa
sumber foto : blogspot.com

Disana juga, ada salah satu monument yang bersejarah yang juga dijadikan objek wisata para turis. Yaitu Monumen Jose Rizal. Jadi siapa itu Jose Rizal? Seorang pahlawan yang mati karena melawan pemerintahan Kerajaan Spanyol yang saat itu sedang menjajah. Monumen ini dinyatakan sebagai monument nasional sekaligus sebagai warisan budaya nasional Filipina, dan juga monumen ini menjadi kebanggaan orang Filipina.

11. Federasi Mikronesia

Federasi Mikronesia
sumber foto : pinterest.com

Federasi Mikronesia adalah sebuah negara kepulauan yang berdaulat di Samudera Pasifik dan terdiri dari 4 bagian dari barat ke timur, ada Yap, Chuuk, Pohnpei dan Kosrae yang tersebar di seluruh Samudera Pasifik Barat. Memiliki kota besar yaitu Weno sedangkan Ibu kotanya adalah Palkir yang terletak di pulau Pohnpei. Federasi Mikronesia ini telah menjalin hubungan baik dengan Indonesia selama 29 tahun. Indonesia dan Mikronesia memiliki banyak persamaan, dan juga Mikronesia membebaskan visa untuk Indonesia salah satunya selama 30 hari atau lamanya 1 bulan.

12 negara bebas visa
sumber foto : wondermondo.com

Di sebelah timur Pohnpei, ada tempat reruntuhan kota yang sebelumnya merupakan ibu kota Dinasti Saudeleur hingga tahun 1628. Terletak di distrik Madolenihmw, Federasi Mikronesia. Dan nama Nan Madol sendiri mempunyai arti, yaitu “ruang di antara” dan juga sering dijuluki “Venezia di Pasifik”.

12. Guyana

Guyana
sumber foto : welt-atlas.com

Sebuah negara yang berada di pesisir utara Amerika Selatan. Guyana merupakan satu – satunya negara di kawasan itu yang menetapkan bahasa Inggris sebagai bahasa resminya. Berbatasan dengan Suriname di sebelah timur, Brasil di selatan, Venezuela di barat dan Samudera Atlantik di utara. Negara ini dibagi menjadi lima wilayah alami, dataran berawa yang sempit dan juga subur di sepanjang pantai Atlantik (dataran pantai yang rendah) d mana sebagian penduduknya tinggal. Sabuk pasir putih lebih ke daratan (daerah pasir berbukit dan tanah liat). Mengandung sebagian besar deposit mineral Guyana, hutan hujan lebat (Forested Highland Region) di bagian selatan negara itu, area pengeringan sabana di barat daya dan dataran rendah interior terkecil (pedalaman padang rumput) sebagian besarnya terdiri dari pegunungan secara bertahap naik ke perbatasan negara Brasil.

Dengan Indonesia, Guyana juga sepakat bersama Indonesia untuk meningkatkan kerja sama pembangunan antar kedua- negara ini. Dan juga Guyana memberikan visa bebas kepada Indonesia juga selama 30 hari atau lamanya 1 bulan.

12 negara bebas visa
sumber foto : traveltourismblog.com

Memiliki air terjun yang indah dan juga terbesar salah satunya di dunia, yaitu Kaieteur Falls. Besarnya 4 kali lebih disbanding Air Terjun Niagara. Dan semua ini menjadikan kawasan ini sebagai magnet untuk para turis yang berkunjung kesana. Terletak pada Taman Nasional Kaieteur.

Kalian juga dapat melihat 12 negara bebas visa bagian 2 dan juga 12 negara bebas visa bagian 3.

Next Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *