12 Jenis SIM dan Fungsinya

“Jangan samakan dengan kisah cintamu yang tak mendapatkan izin, mengendarai kendaraan harus memiliki surat izin”.

Apa itu SIM?

Soulmed pasti sudah tidak asing lagi kan dengan SIM? Eh tapi bukan Surat Izin Memasak loh ya, apalagi Surat Izin Memacari anak orang. SIM yang dimaksud disini adalah Surat Izin Mengemudi yang mana SIM merupakan bukti registrasi dan identifikasi yang diberikan oleh Polri kepada seseorang yang telah memenuhi persyaratan administrasi, sehat jasmani dan rohani, memahami peraturan lalu lintas dan juga terampil mengemudikan kendaraan bermotor.

Soulmed sudah tahu kan kalau berdasarkan pasal 77 ayat (1) UU No.22 Tahun 2009, menyatakan bahwa setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan wajib hukumnya untuk memiliki Surat Izin Mengemudi sesuai dengan jenis Kendaraan Bermotor yang dikemudikan.

Nah, para Soulmed sudah tahu belum nih ada berapa jenis SIM yang ada di Indonesia berdasarkan fungsinya? Kalau belum, sini Mimin kasih tahu semuanya di artikel ini ya!

1. SIM A

12 jenis SIM
Sumber: Kompasiana.com

Soulmed pasti sudah tidak asing lagi dengan Surat Izin Mengemudi jenis A ini kan? Nah, disini Mimin mau ngasih tau lagi ke kalian apa itu SIM A beserta dengan fungsinya. Surat izin mengemudi jenis A ini adalah surat izin untuk mengendarai kendaraan bermotor berupa mobil penumpang maupun barang yang dimiliki secara perorangan dengan jumlah berat tidak lebih dari 3.500 kilogram. Contoh kendaraan bermotor yang dapat menggunakan Surat Izin Mengemudi jenis A ini adalah mobil milik pribadi, selain mobil milik pribadi dan jumlah berat melebihi 3.500 kilogram ini sudah tidak bisa menggunakan Surat Izin Mengemudi jenis A ya Guys.

2. SIM A Umum

12 jenis SIM
Sumber: carmudi.co.id

Siapa diantara kalian yang baru tahu kalau ada Surat Izin Mengemudi jenis A Umum? Ayo ngaku! Apa sih bedanya Surat Izin Mengemudi jenis A dengan jenis A Umum ini? Sebenarnya mereka hampir mirip Guys, kalau kata pepatah bilang sih “serupa tapi tak sama”. Nah, sekarang Mimin bakal jelasin sama kalian apa sih perbedaan dari Surat Izin Mengemudi jenis A dengan jenis A umum ini. Surat izin mengemudi jenis A Umum merupakan surat izin untuk mengendarai kendaraan bermotor berupa mobil penumpang dan juga barang umum dengan jumlah berat tidak melebihi 3.500 kilogram. Contoh kendaraan bermotor yang dapat menggunakan Surat Izin Mengemudi jenis A Umum ini adalah mobil angkutan umum yang jumlah berat kendaraan tersebut tidak melebihi 3.500 kilogram.

Sekarang para Soulmed sudah tahu kan apa perbedaan dari Surat Izin Mengemudi jenis A dengan jenis A Umum ini?

3. SIM B1

12 jenis SIM
Sumber: irendaily.id

Soulmed pasti masih asing dengan Surat Izin Mengemudi jenis B ini kan? SIM jenis B ini digolongkan menjadi B1 dan B2 loh Guys. Nah, sekarang Mimin akan menjelaskan Surat Izin Mengemudi jenis B1 dulu ya. Surat Izin Mengemudi jenis B1 adalah surat izin untuk mengendarai kendaraan berupa mobil penumpang atau barang milik perseorangan dengan jumlah berat melebihi 3.500 kilogram. Contoh kendaraan bermotor yang dapat menggunakan Surat Izin Mengemudi jenis B1 ini adalah mobil berpenumpang milik pribadi seperti bis milik pribadi, yang jumlah beratnya lebih dari 3.500 kilogram ya Guys.

4. SIM B1 Umum

Sumber: MobilKomersial.com

Ada lagi nih Soulmed jenis SIM selain B1, namanya SIM B1 Umum. Bedanya apa ya? Satunya umum satunya nggak umum gitu? Ternyata yang membedakan adalah jenis kendaraan yang dibawa. Secara tingkat berat sih sama, tapi SIM B1 digunakan untuk kendaraan perseorangan. Sedangkan SIM B1 Umum diperuntukkan untuk mengemudikan mobil penumpang dan barang umum dengan jumlah berat yang diperbolehkan lebih dari 3.500 kg. Seperti misalnya pengemudi bus atau truk. Ini yang membedakan pemilik SIM B1 biasa dengan B1 Umum.

Sedikit berbeda dengan SIM A, C dan D yang bisa dimiliki setelah kita berusia 17 tahun, pemohon SIM B1 Umum memiliki batas minimal usia 22 tahun. Ada persyaratan tambahan juga untuk membuat SIM B1 Umum ini. Sebelum mengajukan pembuatan SIM B1 Umum, pemohon harus memiliki SIM B1 atau SIM A Umum sekurang-kurangnya 12 bulan. Untuk membuat SIM B1 Umum dikenakan tarif sebesar Rp. 120.000. Biasanya sih ditambah dengan biaya asuransi, kurang lebih sebesar Rp. 30.000. Keuntungan bagi para pemilik SIM B1 Umum adalah bisa mengemudikan kendaraan atau mobil yang biasanya di kemudikan oleh pemilik SIM A, SIM A umum, dan SIM B1.

Nah, jadi kalau kalian sering ketemu truk atau bus penumpang di jalan, SIM yang dimiliki pengemudinya berbeda dengan SIM pengemudi mobil pada umumnya. Bisa jadi mereka memegang SIM B1 Umum.

5. SIM B2

Sumber: Pexels.com

Selanjutnya ada juga jenis SIM B2. Jenis SIM ini diperuntukkan bagi para pengemudi kendaraan alat berat, kendaraan penarik, atau kendaraan bermotor dengan menarik kereta tempelan atau gandengan perseorangan dengan berat yang diperbolehkan untuk kereta tempelan atau gandengan lebih dari 1.000 kg. Yang dimaksud dengan kereta tempelan di sini contohnya truk gandeng, trailer ataupun kendaraan alat berat. 

Batas minimal usia kepemilikan jenis SIM B2 adalah 21 tahun. Jadi kalau Soulmed masih berusia dibawah 21 tahun, kalian belum bisa mengajukan jenis SIM ini. Syarat tambahannya untuk membuat SIM B2 harus sudah memiliki SIM B1 sekurang-kurangnya 12 bulan. Cukup berat juga ya syaratnya. Keuntungan bagi para pemilik SIM B2 Umum adalah diperbolehkan mengemudikan kendaraan bermotor atau mobil yang biasanya dikemudikan pemilik SIM A dan dan SIM B1. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 2016 tentang PNBP pada Polri, biaya penerbitan atau pembuatan SIM B2 sebesar Rp 120.000. Dengan tambahan biaya asuransi, kurang lebih sebesar Rp. 30.000. Hayo, ada yang tertarik mencoba bikin

6. SIM B2 UMUM

Sumber: Tempo.co

Mirip dengan SIM B2, ada pula jenis SIM B2 Umum. Bagi Soulmed yang baru dengar, jenis SIM B2 Umum ini punya fungsi untuk mengemudikan kendaraan penarik atau kendaraan bermotor dengan menarik kereta tempelan atau gandengan dengan berat yang diperbolehkan untuk kereta tempelan atau gandengan lebih dari 1.000 kg. Pengguna SIM ini khusus bagi mereka yang berprofesi mengendarai kendaraan beroda enam, seperti truk trailer ataupun bus. 

Bisa dibilang termasuk kategori jenis SIM sakti ya. Pasalnya pemilik SIM B2 umum, diperbolehkan mengemudikan semua kendaraan bermotor yang biasanya dikemudikan pemilik SIM A, SIM A umum, SIM B1 ,SIM B1 umum, dan juga SIM B2.

Batas minimal kepemilikan jenis SIM B2 Umum adalah 23 tahun.  Sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 2016 tentang PNBP pada Polri, biaya penerbitan atau pembuatan SIM B2 Umum sebesar Rp 120.000 ditambah biaya asuransi sebesar Rp 30.000. Siapa tahu nih di antara para Soulmed ada yang punya passion mengemudi truk. Kalian wajib punya jenis SIM ini dulu ya sebelum mengemudi di jalan.

7. SIM C

Sumber: Inibaru.id

Kalian punya motor? Jika punya kalian wajib punya Surat Izin yang satu ini nih. SIM C diperuntukan untuk pengendara kendaraan roda 2. Salah satu SIM yang sepertinya tiap orang di indonesia “Pasti” punya sih karena negara kita doyan banget naik motor kemana mana. Pasal 80 UU No. 22 Tahun 2009 menggolongkan SIM C menjadi SIM Perseorangan, bukan SIM UMUM.

Tapi apakah Soulmed tau bahwa SIM C sekarang kembali dipecah menjadi 3 jenis? Selain SIM C yang biasa Soulmed liat, ada SIM C1 dan SIM C2 yang mana akan saya bahas sebagai berikut.

8. SIM C1

Sumber: gridoto.com

SIM C1 ini salah satu SIM terbaru loh Guys! Sim ini baru ada tahun ini dan hanya untuk golongan motor dengan 250CC – 500CC yang mana didominasi dengan Motor-Motor Sport semi Moge. Terdapat beberapa syarat Uji Kompetisi lagi untuk mendapatkan SIM C1 ini, tetapi tetap harus mengambil SIM C biasa dulu untuk dasar.

Soulmed doyan touring? Kabarin kami ya kalau kalian punya agenda sunmori di Bandung!

9. SIM C2

Sumber : gizmodo.com.au

Gak cuma SIM C1 yang baru guys, ternyata ada yang lain juga yaitu SIM C2. Nah cara pembuatannya pun tidak beda jauh dengan SIM C1 guys, yaitu tetap harus bikin SIM C dahulu untuk dasar dan lanjut ke SIM C2 langsung melalui Uji Kompetensi untuk SIM C2. Dan ternyata guys, jika kalian telah memiliki SIM C2 itu bukan berarti kalian telah mendapatkan SIM C1. Beda ujiannya guys!

SIM C2 ini diperuntukan untuk Motor dengan 500CC keatas! Bayangin tuh Soulmed, kira kira motor dengan 500CC keatas itu gimana yah?

10. SIM D

Sumber: oto.detik.com

Pastinya jenis SIM yang sudah familiar dengan kita itu SIM A, B, dan C saja ya. Ternyata ada juga SIM D lho guys. Emang ada ya SIM D? Apa sih SIM D itu? Surat izin mengemudi jenis D ini adalah surat izin untuk mengendarai kendaraan bermotor (sepeda motor) yang dikhususkan untuk penyandang disabilitas (berkebutuhan khusus). Tentunya kendaraan bermotor yang dikendarai oleh pemilik SIM D ini dimodifikasi berdasarkan kebutuhan dari masing-masing pemilik SIM D tersebut. Beberapa contoh modifikasi kendaraan yang dilakukan oleh penyandang disabilitas ini adalah penambahan roda ( menjadi roda 3), pemindahan posisi gas, dan pemindahan fungsi yang kendaraan yang semula dikendalikan oleh kaki akan dipindahkan menjadi dikendalikan oleh tangan. 

Dalam proses permohonan untuk mendapatkan SIM D ini, ada cek kesehatan tambahan yang menentukan apakah pemohon SIM D tersebut masih kuat dan layak untuk berkendara atau tidak. Jika dari cek kesehatan tambahan itu menerangkan bahwa seseorang itu tidak layak untuk berkendara, tentu saja SIM D ini tidak dapat diterbitkan untuk orang tersebut.

Selain cek kesehatan tambahan untuk calon pemohon SIM D tersebut. Kendaraan yang akan digunakan oleh pemohon SIM D ini juga akan dicek baik dari kelengkapan surat-surat kendaraan, kelengkapan kendaraan ( lampu utama, lampu sein, lampu rem, spion, dan lainnya) , maupun dari fungsi kendaraan itu sendiri, seperti gas dan pengeremannya. Setelah kedua persyaratan tersebut terpenuhi, maka proses pembuatan SIM berlangsung sesuai prosedur yang sebagaimana yang sudah ditetapkan seperti ujian teori, ujian simulator dan ujian praktek dengan kendaraan yang sudah dimodifikasi sesuai kebutuhan penggunanya.

Sumber: carmudi.co.id

11. SIM D1

Sumber: irendaily.id

Satu lagi nih jenis SIM yang banyak dari kita belum tau, yaitu SIM D1 yang masih ditujukan untuk penyandang disabilitas atau orang yang berkebutuhan khusus. Apa sih perbedaan SIM D dengan SIM D1? Kalau SIM D yang ditujukan untuk izin mengendarai sepeda motor, kalau SIM D1 adalah surat izin untuk mengendarai kendaraan roda 4 alias mobil guys

Sama seperti proses permohonan pembuatan SIM D, proses permohonan pembuatan SIM D1 ini juga meliputi cek kesehatan tambahan untuk menentukan apakah pemohon SIM D1 ini masih kuat dan layak untuk berkendara atau tidak. Selain itu juga, cek kendaraan yang akan digunakan oleh pemohon SIM D1 juga menjadi persyaratan tambahan karena kendaraan tersebut sudah dimodifikasi untuk dapat memfasilitasi kebutuhan penggunanya. Beberapa contoh modifikasi kendaraan yang dilakukan oleh penyandang disabilitas ini adalah pemindahan fungsi yang kendaraan yang semula dikendalikan oleh kaki (gas dan rem) akan dipindahkan menjadi dikendalikan oleh tangan, kursi pengemudi yang dapat diluar dan ditarik keluar dari badan mobil, serta kemudahan akses apabila penggunanya menggunakan kursi roda, seperti portable ramp dan lift khusus untuk kursi roda. 

12 jenis SIM
Sumber: motionaid.co.id

12. SIM Internasional

12 jenis SIM
Sumber: bazk3t.blogspot.com

Last but not not least, jenis SIM terakhir yang berlaku di Indonesia adalah SIM Internasional. Seperti namanya, SIM Internasional (yang dalam Bahasa Inggris adalah International Driving Permit) adalah SIM untuk mengemudikan kendaraan bermotor yang berlaku secara internasional dengan SIM yang berlaku di negara yang menerbitkan SIM Internasional tersebut. Nah, dimana saja sih SIM Internasional dari warga negara Indonesia berlaku? Secara regional, SIM ini berlaku di di negara-negara anggota ASEAN, dan juga negara-negara Uni Eropa.

Buat Soulmed yang ingin membuat SIM Internasional ini, kalian harus mempunyai SIM asli nasional dan tentu saja paspor ya guys (Belum punya paspor? Simak cara pembuatannya disini ya. Satu lagi yang membedakan SIM Internasional yaitu masa berlakunya yang hanya 3 tahun ya guys. Pastinya seru dan akan menjadi pengalaman yang berbeda kan kalau kalian lagi keluar negeri dan kalian punya kesempatan untuk berkendara disana. 

Demikian 12 jenis SIM dan fungsinya yang sudah tim Mediasi Bandung rangkum untuk Soulmed semua. Dari 12 jenis SIM yang sudah mimin jelasin diatas, SIM yang mana yang sudah Soulmed miliki sekarang? Nah, buat kalian belum memiliki SIM dan berencana ingin membuat SIM, kalian bisa cek artikel ini ya untuk mengetahui cara dan tips membuat SIM.

Previous Article
Next Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *